Jatah Ekspor Maruti India Direbut Thailand

Kompas.com - 20/03/2014, 17:09 WIB
Harga varian Suzuki Celerio bertransmisi otomatis termurah di kelasnya. The HinduHarga varian Suzuki Celerio bertransmisi otomatis termurah di kelasnya.
|
EditorAris F. Harvenda
Delhi, KompasOtomotif - Maruti Suzuki India memastikan menghentikan ekspor mobil ke Eropa, periode April-Juni 2014. Akibatnya, kinerja ekspor produsen mobil terbesar di India itu akan turun 10 persen pada tahun fiskal 2015.

A-Star yang selama ini menjadi satu-satunya model yang dikirim ke Eropa sudah berakhir masanya dan digantikan dengan produk terbaru Celerio. Sebenarnya, Maruti Suzuki juga memproduksi Celerio dengan standar emisi gas buang Euro 4.

Sayangnya, Eropa menetapkan standar emisi gas buang minimal Euro 5. Untuk tetap memenuhi permintaan pasar ini, Suzuki kemudian mengalihkan basis ekspor Celerio Euro 5 ke Thailand.

Setiap tahun, Maruti Suzuki mengekspor sekitar 120.000 unit ke seluruh dunia, 30 persen atau 24.000 unit dikirim ke Eropa. Artinya, dengan pengalihan ini dipastikan akan ada penurunan kinerja ekspor.

Dengan kondisi ini, Maruti Suzuki mengaku tidak ambil pusing dan akan berusaha mengejar kesempatan di pasar lain, seperti Afrika, Amerika Selatan, dan Asia Tenggara. Saat ini, Maruti Suzuki sudah memasarkan mobil ke 125 negara di dunia, dan tengah menjajaki beberapa lokasi baru, antara lain Algeria, Mesir, dan Indonesia.



Sumber motorbeam
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X