Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Celerio, Bertransmisi "Unik" dengan Harga Terjangkau

Kompas.com - 07/02/2014, 10:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif — Model global Suzuki, Celerio, telah lahir di Delhi Auto Expo 2014, New Delhi, India, Kamis (6/2/2014). Mobil kota segmen A ini didaulat menggantikan Alto dan Splash yang akan stop produksi pada 2015. Selain menawarkan kelegaan ruang kabin, harga yang ditawarkan cukup menarik, Rp 83,7 juta, untuk varian Automated Manual Transmission (AMT). Model tersebut diklaim menjadi yang termurah di kelasnya.

Transmisi 4-percepatan itu disebut EZ-Drive oleh Maruti (ATPM Suzuki di India). Terdiri dari mode R, N, dan D, tanpa P (parkir), tuas bisa digeser ke kiri untuk operasional seperti manual. Dengan fitur ini, pengemudi bisa lebih nyaman melewati kemacetan. 

Indianautosblog Automated Manual Transmission (AMT) Suzuki YL7/Celerio

Mobil bertransmisi otomatis kurang digemari di India. Managing Director dan CEO Maruti Suzuki Kenichi Ayukawa mengatakan, populasinya hanya mewakili kurang dari 5 persen dari seluruh total penjualan mobil baru di India. "Kami menawarkan fleksibilitas manual dan otomatis dalam mobil yang sama, hanya dengan menggeser tuas transmisi. Celerio akan memenuhi bertambahnya permintaan itu dengan harga terjangkau," katanya saat peluncuran.

Celerio dilengkapi mesin K10B, 998 cc, tiga silinder, bertenaga 68 PS, dan torsi 90 Nm. Konsumsi bahan bakar mencapai 23,1 kml bersertifikat ARAI.

Konsep pernah muncul di Thailand Motor Show 2013, November lalu, dalam wujud A-Wind. Versi Eropa dikatakan segera diperkenalkan di Geneva Motor Show 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com