Kompas.com - 11/03/2014, 09:10 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Predikat Datsun GO+ sebagai calon MPV di kelas "mobil murah" yang bakal bakal meluncur tahun ini, bakal langsung dapat pesaing. Daihatsu Indonesia mengungkapkan wujud produksi konsep Ultra Function Concept (UFC) 2 yang pernah mejeng di IIMS September 2013 lalu siap menjelma menjadi MPV di kasta yang sama.

Mirip Datsun GO+ sebagai "spesies panjang” dari hatchback GO, UFC-2 diproduksi menggunakan platform sejenis dengan pelopor LCGC, yakni Ayla. Namun dirancang muat 7-penumpang. Hingga saat ini seluruh proses pengembangan masih dikerjakan.

“Butuh waktu sekitar 2-3 tahun untuk pengembangan. Kemungkinan kami akan menampilkannya kembali dalam bentuk konsep di IIMS 2014,” kata Rio Sanggau, Head Domestic Marketing Division Astra Daihatsu Motor, di sela test drive New Luxio di Palembang, Minggu (9/3/2014).

Kanibal
Peran varian produksi UFC-2 akan mengisi ceruk pasar sebagai MPV paling bontot sekaligus termurah milik Daihatsu. Posisinya terhimpit, di atas Ayla dan di bawah Xenia, dengan begitu ada kemungkinan penjualan kedua dedengkot di segmennya masing-masing itu tergerus. Sebab dikatakan, minat masyarakat Indonesia terhadap kendaraan murah multi fungsional masih dominan.

“Saling makan antar segmen pasti terjadi, yang bisa dilakukan hanya meminimalisasi,” terang Rio. Paling penting adalah diferensiasi setiap produk, keunggulan rakitan massal UFC-2, yaitu menawarkan harga selevel Ayla dengan utilitas Xenia. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.