Kompas.com - 04/03/2014, 16:43 WIB
Nissan GT-R Nismo 4 silinder diciptakan khusus demi balap Japan Super GT series. YoutubeNissan GT-R Nismo 4 silinder diciptakan khusus demi balap Japan Super GT series.
|
EditorAris F. Harvenda

Tokyo, KompasOtomotif – Nissan GT-R Nismo sudah malang-melintang di berbagai ajang balap mobil  dunia. Untuk Japan Super GT Series, regulasi berubah, disamakan dengan balap German Touring car Masters (DTM) yang membuat para insinyur Nissan dan Nismo merombak spesifikasi mesin.

Bertarung di kelas GT500, Nissan GT-R Nismo yang berbekal mesin jalanan 3.800cc twin-turbocharged, V6 (enam silinder), bertenaga 600PS, diubah konfigurasinya menjadi 2.000cc, turbo, empat silinder, dengan kode NR20A. Mesin ini benar-benar baru dan khusus dikembangkan untuk ajang balap.

Youtube Mobil menjadi lebih ringan dan cepat ketimbang versi sebelumnya dengan mesin 6 silinder.

Peraturan lain yang mewajibkan perombakan adalah penggunaan sasis monokok, transmisi, rem, dan tangki bahan bakar yang sama. Semua peranti wajib itu komposisinya mencapai 70 persen. Nissan hanya diberi kebebasan untuk mengembangkan paket mesin dan aerodinamka.

”Sejujurnya, dengan paket baru, terutama penggunaan silinder lebih sedikit, mobil lebih ringan. Dari uji coba kami, mobil ini lebih cepat satu sampai dua detik dari model lama. Bahkan saat tes di Sepang, rekor sirkuit bisa kami pecahkan,” kata Yutaka Suzuki, GM, Race Engineering Nismo dalam video persiapan tim.

Tidak disebutkan berapa tenaga yang dihasilkan dari mesin baru ini. Namun Yutaka mengatakan bahwa sudah cukup untuk memberi ”efek wow” di depan para penonton yang akan menyaksikan balapan ini kelak.

Simak persiapan aktivitas balap Nissan dengan GT-R Nismo barunya saat beruji coba di Fuji Speedway, Jepang, dalam tayangan video berikut:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber carscoops
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.