Avanzanation Journey 2014 [Barat]

631 Km Rute Padang-Jambi yang Menantang!

Kompas.com - 20/02/2014, 20:23 WIB
|
EditorAris F Harvenda

Jambi, KompasOtomotif – Tim Avanzanation Journey wilayah Barat kembali melanjutkan penjelajahan tanah Sumatera. Start dari dealer Auto2000 Khatib Sulaiman, Padang, (19/2/2013) tim bergerak menuju Kota Jambi via Solok-Sawahlunto-Kiliran Jao-Muara Bungo-Muara Bulian menyusuri Sungai Batanghari. Tak diduga, perjalanan yang dilalui cukup berat karena rute tergolong  ekstrem.

Ketangguhan Avanza di tanjakkan langsung diuji ketika tim mencapai kawasan Sitinjau Laut di Kabupaten Kerinci. Jalanan berliku ini menyusuri lereng Gunung Kerinci yang menguras adrenalin. Tak jarang ditemui tikungan 180 derajat dengan kemiringan mencapai 45 derajat. Berbekal mesin 1.300cc dan 1.500cc, VVT-i, Avanza tak ngos-ngosan, terlebih ditunjang sistem gerak roda belakang yang diyakini semakin menguatkan laju di jalan menanjak.

Rute Alternatif
Rute ini semacam jalur alternatif. Jika biasanya Padang-Jambi melewati lintas timur, rombongan memilih ”lintas tengah” menyusuri jalanan kecil yang menjadi penghubung lintas timur dan kota-kota kecil di wilayah Barat Sumatera. Sungai Batanghari pun jadi patokan untuk menuju Kota Jambi.

KompasOtomotif menghitung jarak yang dilalui dengan menandai odometer. Jarak tempuh mencapai 631 km. Jika lewat Lintas Timur, total jaraknya tak lebih dari 570 km. Lebih jauh memang, namun inilah bagian dari pembuktian Avanza sebagai low MPV yang lebih dari cukup untuk menantang aneka kontur jalanan di Indonesia.

Selepas Sitinjau Laut yang mendebarkan, tim kembali disuguhi jalan berkelok di Solok, Sawahlunto, dan Kiliran Jao. Kondisi jalan kurang bersahabat, bahkan selepas Provinsi Sumatera Barat, jalanan berlubang kerap ditemui. Sekali lagi, paket suspensi Avanza dan ground clearance yang tinggi sangat membantu.

Minim Penerangan
Sungai Batanghari kami sapa saat malam menyapa, melewati kawasan Muara Tembesi dan Muara Bulian, Provinsi Jambi. Penerangan jalan yang minim—bahkan sering gelap sama sekali—membuat tim harus ekstra waspada. Kendati stabilitas Avanza yang sudah teruji, dibarengi cara berkendara yang aman dan mumpuni, menjadi bekal tim menembus rute yang menantang.

Rombongan Avanzanation Journey akhirnya menginjak kota Jambi lewat tengah malam. Di kota ini, sejumlah agenda menanti, termasuk penggalan cerita perjuangan rakyat di zaman kolonial hingga menembus peradaban kuno Candi Muara Jambi.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X