Kompas.com - 14/02/2014, 14:01 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

London, KompasOtomotif – Produksi sepeda motor sport entry level CBR300R delay alias tertunda. Laman asal Inggris, visordown melansir (13/2/2014) bahwa Honda Inggris mengumumkan penundaan tersebut tanpa alasan yang pasti. Tak tanggung, mundurnya sampai 9 bulan, dijadwalkan baru mulai meluncur akhir 2014 dari target semula Maret ini.

Informasi itu berdasarkan keterangan narasumber Honda di Inggris, dan dia menyebut alasan pasti akan diumumkan dalam beberapa minggu ke depan. Dugaan sementara, penundaan ini bisa jadi karena basis produksi utama dunia untuk CBR250R dan CBR300R di Thailand sedang terganggu karena situasi politik.

Meski beda region, terganggunya pabrik Thailand sedikit banyak berpengaruh pada kegiatan produksi di negara lain, bisa jadi karena pasokan komponen yang belum maksimal. Tentu, penundaan ini cukup disayangkan karena di Eropa, antusiasme untuk menyambut datangnya model ini cukup besar.

CBR300R di Eropa akan menggantikan CBR250R, dengan menaikkan kapasitas silinder menjadi 286cc. Mesin secara teknis sama, hanya versi 300cc punya stroke piston yang lebih panjang, ECU yang disetel ulang, dan penggunaan balancer yang lebih berat untuk mengurangi getaran.

Honda mengklaim versi 300cc ini lebih irit dan mampu menempuh jarak lebih jauh dengan bahan bakar penuh. ABS akan menjadi peranti standar untuk semakin menggoda konsumen, sekaligus menjadi peranti wajib untuk sepeda motor di Eropa di atas 250cc.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber visordown
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.