Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Sepeda Motor Honda Mungkin Naik!

Kompas.com - 13/01/2014, 07:59 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Tekanan ekonomi yang berimbas pada melemahnya nilai tukar rupiah membuat beberapa ATPM di Indonesia harus menaikkan harga jual. Sebagian sudah memberlakukan sejak Desember 2013, dan sisanya mulai Januari 2014 ini. PT Astra Honda Motor (AHM), juga melakukan hal yang sama.

Menurut Wakil Presiden Direktur Eksekutif AHM Johannes Loman, rencana menaikkan harga sepeda motor Honda saat ini masih dalam tahap pengamatan. ”Kami hitung nanti kenaikannya, apakah  3-5 persen. Tapi masih dipertimbangkan, akan dibebankan ke konsumen atau kami yang tanggung. Karena nanti kalau terlanjur naik, rupiah menguat lagi, harga tak mungkin diturunkan lagi,” katanya (9/1/2013).

Nilai tukar rupiah adalah faktor paling memberatkan dalam menentukan harga. Meski komponen lokal sudah mencapai 95 persen, tapi sebagian materialnya masih impor dan dibeli dengan dollar AS.

Jika benar-benar naik, Loman memperkirakan akan dilakukan dalam waktu dekat. Semua tergantung dari pengamatan AHM dalam beberapa hari ini. Jika ada indikasi rupiah akan membaik, kenaikan harga sepeda motor Honda tidak bisa dibatalkan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com