Kompas.com - 05/06/2013, 19:02 WIB
Daihatsu Ayla dan Amelia Tjandra Zulkifli BJDaihatsu Ayla dan Amelia Tjandra
EditorAris F Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Kendati PP program mobil murah (LCGC) sudah diterbitkan secara resmi oleh pemerintah, produsen tidak bisa langsung memasarkan atau menjual mobil yang sudah diproduksinya begitu saja. Pasalnya, menurut, Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), satu-satu produsen LCGC saat ini (diproduksi untuk Toyota Agya dan Daihasu Ayla), harus diaudit lagi.

"Nah, untuk proses audit sampai boleh dijual, butuh waktu sekitar 7 minggu. Di samping itu, sampai sekarang belum tahu lembaga atau perusahaan yang akan melakukan audit tersebut,” jelas Amelia ketika diberi tahu bahwa PP telah diterbitkan oleh Sektretariat Negara.

"Terbitnya PP baru tahap awal. Kita memang senang. Namun berikutnya, kita harus memastikan apakah mobil yang kita buat sudah sesuai dengan peraturan atau syarat yang  ditentukan pemerintah berdasarkan audit yang dilakukan oleh lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah. Terbitnya peraturan memang berita gembira bagi produsen dan konsumen,"  lanjutnya.

Kalau pelaksanaan audit menghabiskan waktu 7 minggu, berarti konsumen akan mendapatkan mobil yang dipesannya tahun lalu, menjelang lebaran tahun ini!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.