Kompas.com - 28/05/2013, 08:18 WIB
EditorAris F Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Permintaan perusahaan taksi di Indonesia terhadap sedan cukup tinggi. Di lain hal, karena sedan diimpor secara utuh (CBU), ATPM kewalahan memenuhi permintaan tersebut. Toyota yang selama menjadi pemasok utama dengan sedan Limo (nama lain dari Vios), mengaku kewalahan memenuhi permintaan perusahaan taksi.

Terakhir, dikabarkan, mempersiapkan Etios sedan untuk memenuhi permintaan tersebut. Bahkan, siap merakitnya di Indonesia. Selain Toyota, merek lain yang memanfaatkan pasar taksi reguler adalah Nissan, Chevrolet, Kia bahkan Geely.


Mitsubsihi Indonesia, melalui Distributornya PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) juga ingin memanfaatkan peluang tersebut. Apalagi, Mitsubishi Thailand akan meluncurkan sedan mini Attrage – saudara Mirage - yang dirakit di Thailand.


Dengan menggunakan sedan mini atau subkompak bermesin 1.200 cc ini, ATPM seperti PT Toyota Astra Motor yakin, perusahaan taksi tertarik menggunakannya. Pasalnya, konsumsi bahan bakar jadi lebih irit dibandingkan mesin 1.500 cc yang selama ini digunakan oleh Limo (Vios).

Hal tersebut akan menjadi nilai tambah bagi perusahaan taksi. Di lain hal, Toyota juga keberatan All-New Vios yang tampil semakin mentereng dijadikan taksi dan langsung menyiapkan penggantinya Etios.

Rencana penggunaan sedan mini untuk taksi, menarik perhatian seorang desainer (mobil) muda Indonesia, Iswahyudi Hanafiah yang mengaku sebagai Digital Modificator. Ia pun mengirimkan Toyota Etios dan Mitsubishi Attrage berbaju Blue Bird kepada redaksi KompasOtomotif plus Etios sedan yang dimodififkasi menjadi TRD Sportivo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.