Transmisi Manual Grand Livina Harus Disirami Oli SAE 70-90

Kompas.com - 27/07/2012, 15:45 WIB
Transmisi manual Nissan Evalia Aris F. HarvendaTransmisi manual Nissan Evalia
EditorAris F Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif - Transmisi manual memiliki perawatan yang lebih mudah dan tidak terlalu spesifik seperti otomatis ataupun CVT. Cukup melakukan penggantian berkala oli girbok setiap 40.000 km memakai pelumas dengan tipe GL4 yang memiliki spesifikasi SAE 90 atau GL5  dengan SAE 120.

Tak demikian halnya dengan transmisi manual Nissan Grand Livina dan saudaranya Livina XR. Menurut Ade Haryawan, Kepala Bengkel Nissan Puri Indah, Jakarta Barat, pelumas yang dipakai memiliki perbedaan spesifikasi. "Biasanya kami memakai yang lebih encer, SAE 70-90 karena jarak (clearance) logam yang berada di transmisi agak rapat ," ungkap Ade. Sehingga, lanjutnya, jika memakai oli lebih kental, maka ada beberapa bagian tidak terlumasi dengan baik. Makanya, Nissan mengeluarkan oli transmisi sendiri.

Efek
Untuk mobil yang masih dalam masa garansi, menurut Ade tidak perlu khawatir sampai terjadi kesalahan penggantian jenis oli. Kecuali  yang menggunakan jasa bengkel lain harus memperhatikan tingkat kekentalan olinya. Sebab, jika dituangkan oli SAE 90-120 akan timbul gejala, antara. suara berisik dari girbok yang berasal dari laher (bearing).  

Gejala lain, proses masuknya gigi lebih seret karena komponen pemindah gigi (synchromesh) mendapatkan beban lebih akibat oli terlalu kental. Akhirnya terjadi hambatan saat proses pemindahan gigi. Biasanya kedua kondisi tersebut baru akan muncul setelah melakukan 2 kali penggantian oli.

Solusi
Jika Anda sudah terlanjur menggunakan oli yang tidak sesuai, tidak perlu panik. Cukup lakukan proses kuras oli dan ganti dengan standar pabrikan yang dibutuhkan sekitar 3 liter. Memang, oli Nissan cukup mahal, Rp 75.000 per liter, sementara rored hanya dijual Rp 30.000. Kendati demikian masa pakai beda 3 kali lipat. Jika yang biasa 40.000 km, milik Nissan bisa mencapai 120.000 km.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.