Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transmisi Otomatik Baru, CV-Matic Buat Skutik dan Bebek Honda 2010

Kompas.com - 08/09/2009, 16:28 WIB

TOKYO, KOMPAS.com- Honda Motor Co., Ltd., hari ini mengumumkan telah mengembangkan transmisi otomatik baru, yang disebut CV-Matic, dan akan digunakan pada bebek dan skuter. Menurut Honda, transmisi otomatik ini benar-benar baru. Pemasangannya pada skutik atau bebek lebih praktis.

Dijelaskan pula, transmisi baru ini akan dipasang pada skuter dan motor bebek yang akan diluncurkan di negera-negara Asean mulai 2010. Selama ini,  transmisi CV (continuously variable) hanya digunakan Honda pada skutik.

Sedangkan bebek masih menggunakan transmisi manual. Kemungkinan besar, transmisi ini di Indonesia akan dipasang pada skutik Honda, yaitu Vario, Vario CBS Techno dan Beat. Kalau bebek, harus menggunakan mesin baru karena desain mesinnya sangat berbeda dibandingkan bila dipasangkan dengan CVT .

CV-Matic baru ini, dikembangkan Honda dengan sistem pendingin baru. Sistem ini menggunakan basis teknologi transmisi otomatik  motor-motor kecil Honda. Ditambahkan, transmisi CV  melindungi drive belt dari suhu tinggi. Hasilnya, daya tahan belt  lebih lama, ukurannya  lebih kompak karena jarak antar-puli makin pendek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com