Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelapis Dasbor Bermasalah dan Cara Membersihkannya

Kompas.com - 12/12/2008, 05:46 WIB
Editor

Dasbor mobil ada yang berlapis kulit atau bermaterial plastik. Nah, jika ada yang ingin melapisi dengan kulit, beberapa langkah harus diperhatikan. Terlebih dalam hal perawatan dan mencegah kerusakan bisa dimulai dari tindakan pasca sampai perlakukan pra-instalasi.

Berikut beberapa langkah pengerjaan serta melenyapkan noda, baik yang berbahan semi-kulit, kulit, maupun plastik yang disarikan berdasarkan pengalaman Edy, punggawa bengkel interior Vertue Concept di Sunter, Jakarta Utara.

- Untuk mengatasi dasbor menggembung akibat sengatan panas, pada bagian-bagian lipatan dibuat perbagian dan dijahit.

- Biasanya pada saat pemasangan, dasbor harus diampelas terlebih dahulu agar merekat sempurna dengan lapisan bahan semi-kulit.

- Saat diberi lem, sebisa mungkin itu dilakukan pada kedua sisi, pada dasbor dan bahan kulit.

-Ketika bahan dasbor rusak atau sobek, jalan satu-satunya mengganti dengan yang baru. Untuk itulah, pola jahitan perbagian yang dibatasi lipatan dasbor berfungsi. Jadi, bukan mengganti secara keseluruhan, melainkan perbagian yang sobek.

- Perawan dasbor semi-kulit relatif gampang. Kalau kotor, itu tinggal disikat dengan air sabun dan keringkan. Lain halnya jika bahannya kulit asli. Sering-seringlah menyemprotnya dengan cairan penjaga PH kulit.

-Kekurangan dasbor lapis kulit, ketika dibongkar, itu menyisakan bekas lem. Jalan terbaik menghilangkannya, gunakan tiner.

-Untuk membersihkan dasbor kulit harus menggunakan pembersih yang mengnandung pelembab karena dasbor kulit mengandung kadar air maksimal sehingga harus dilindungi dari sinar ultraviolet atau terik matahari. Untuk pembersih kulit tersedia berbagai merek dengan rentang harga mulai dari Rp 25.000 sampai Rp 100.000.

-Untuk dasbor plastik berlapis vynil atau karet lebih mudah membersihkan atau merawatnya. Ada beberapa alat pembersih, tetapi jangan dengan zat yang mengandung Amonia atau zat kimia karena dapat merusak plastik. (Rudy/Andri)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.