Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Mobil Jarang Dipakai Tetap Harus Rutin Ganti Oli Mesin? | Mobil Manual Lebih Awet ketimbang Mobil Matik? | Alasan Hyundai Luncurkan Produk Baru di Tengah Perlambatan Pasar

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pembaca ingin tahu apakah mobil jarang dipakai tetap harus rutin ganti oli mesin atau tidak. Begitu pula dengan artikel apakah mobil manual lebih awet ketimbang mobil matik.

Selain itu, artikel tentang alasan Hyundai meluncurkan produk baru di tengah perlambatan pasar juga menarik banyak pembaca. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini kumpulan artikel otomotif terpopuler pada Jumat (25/10/2024):

1. Mitos atau Fakta, Mobil Jarang Dipakai Tetap Harus Rutin Ganti Oli Mesin?

Mengganti oli mesin secara rutin, menjadi bentuk perawatan yang wajib dilakukan guna menjaga performa mobil tetap optimal.

Bahkan, meski mobil jarang digunakan, pemilik tetap wajib mengganti oli secara berkala. Hal ini lantaran terjadinya penurunan kualitas pelumas ketika sudah ada di dalam mesin.

2. Mitsubishi DST Concept, XForce 7 Penumpang Meluncur di Filipina

Mitsubishi baru saja meluncurkan DST, mobil konsep sport utility vehicle (SUV) 7 penumpang di ajang Philippine International Motor Show.

Dikutip dari Carscoops, Kamis (24/10/2024), mobil ini kabarnya bakal diproduksi secara massal untuk pasar ASEAN, diharapkan meluncur pada 2025.

3. Mitos atau Fakta, Mobil Manual Lebih Awet ketimbang Mobil Matik?

Secara umum, mobil memiliki dua jenis transmisi yaitu manual dan otomatis. Ada anggapan bahwa mobil otomatis lebih rewel dibandingkan manual dan memiliki komponen yang kurang awet.

Freddy Karya, supervisor Dokter Mobil (Domo) Transmisi di Kelapa Gading, Jakarta, menjelaskan, anggapan bahwa mobil manual lebih awet daripada mobil dengan transmisi otomatis tidak sepenuhnya benar.

4. Bus Rombongan Anak TK Terbakar, Begini Pilih Bus Pariwisata yang Tepat

Kejadian bus terbakar di jalan Tol Wiyoto Wiyono, Jatinegara, Jakarta yang viral di media sosial pada Kamis (24/10/2024), pagi, ternyata mengangkut rombongan anak TK.

Berdasarkan keterangan resmi, Kepala Unit Kecelakaan Lalu Lintas (Kanit Laka Lantas) Polres Metro Jakarta Timur AKP Darwis menyebutkan bus pariwisata tersebut mengangkut 58 anak TK. Insiden tersebut tepatnya terjadi di ruas Tol Bekasi, Cawang, Kampung Melayu (Becakayu).

5. Alasan Hyundai Luncurkan Produk Baru di Tengah Perlambatan Pasar

Peluncuran generasi kelima Hyundai Santa Fe oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) di tengah perlambatan penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih nasional menjadi sorotan.

Sebab, salah satu faktor utama atas turunnya penjualan mobil dalam negeri sepanjang Januari-September 2024 hingga menyentuh angka 16,2 persen yoy, ialah daya beli masyarakat yang turun.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/26/060200015/-populer-otomotif-mobil-jarang-dipakai-tetap-harus-rutin-ganti-oli-mesin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke