Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aldi Satya Mahendra, Pebalap Indonesia Pertama yang Jadi Juara Dunia WorldSSP300

JAKARTA, KOMPAS.com - Dunia balap motor nasional dihebohkan dengan Aldi Saty Mahendra. Pebalap asal Bantul, Yogyakarta, tersebut menjadi pebalap Indonesia pertama yang meraih gelar juara dunia World Supersport 300 (WorldSSP300).

Aldi meraih titel tersebut pada seri terakhir WorldSSP300 2024 yang digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (20/10/2024). Meskipun finis di posisi keenam, tapi secara jumlah poin, Aldi mampu mengunci gelar juara dunia WorldSSP300.

Sepanjang musim ini, Aldi sudah meraih delapan podium dengan satu kemenangan, dua kali juara kedua, dan tiga kali juara ketiga. Aldi juga sempat meraih satu kali pole position. Aldi mengakhiri musim ini dengan peraihan 221 poin, unggul 21 poin dari Loris Veneman di peringkat kedua.

"Saya sangat senang. Ini adalah impian saya sejak kecil. Ketika saya melihat kakak saya membalap di WorldSSP300 dan WorldSSP, saya ingin menjadi seperti dia!" ujar Aldi, dikutip dari Worldsbk.com, Senin (21/10/2024).

"Akhirnya, saya mendapat kesempatan untuk balapan di sini dan bisa menjadi Juara Dunia. Sungguh luar biasa bagi saya dan keluarga. Saya sangat senang. Saya adalah Juara Dunia pertama dari Indonesia. Sungguh luar biasa," kata Aldi.

Untuk diketahui, Aldi merupakan adik kandung dari Galang Hendra Pratama yang sudah menjadi pebalap WorldSSP300 sejak 2017. Dia sempat kembali bersaing di Asia Road Racing Championship (ARRC) pada 2022. Lalu, Galang mendapat kesempatan kembali ke WorldSSP300 pada musim lalu.

Namun, keduanya berada di tim yang berbeda. Aldi bersama Team BrCorse, sedangkan Galang membela Team ProGP NitiRacing. Galang sendiri berada di peringkat kedelapan dengan 127 poin.

Aldi sendiri sudah sejak 2022 bersaing di kelas WorldSSP300, tapi saat itu masih sebagai wildcard. Setelah itu, Aldi berkesempatan ikut bersaing di R3 bLU cRU Championship 2023. Pebalap yang sekarang berusia 18 tahun ini berhasil tujuh podium dengan lima kemenangan di antaranya.

Dengan hasil mengesankan tersebut, Aldi mendapat kesempatan balapan di kelas WorldSSP300 satu musim penuh bersama Team BrCorse. Total sudah ada 9 podium dengan dua kemenangan di antaranya. Sebelum mencapai WorldSSP300, Aldi sudah banyak meraih kemenangan, baik pada balapan tingkat nasional maupun tingkat Asia.

Aldi juga sempat diundang oleh Yamaha VR46 Master Camp di Tavullia, Italia, pada 2022 lalu. Dia ikut menjalani latihan bersama para pebalap muda lainnya dari VR46 Riders Academy, milik Valentino Rossi.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/21/144200115/aldi-satya-mahendra-pebalap-indonesia-pertama-yang-jadi-juara-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke