Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Chery Bekali Tiggo 8 Pakai Mesin Lebih Kecil

JAKARTA, KOMPAS.com - Chery resmi mengumumkan harga Chery Tiggo 8 di Indonesia. Mobil SUV tiga baris tempat duduk ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 349,5 juta hingga Rp 389,5 juta.

Harga ini mengalami penurunan signifikan, yaitu hingga Rp 50 juta, dari harga pre-booking sebesar Rp 400 juta yang diperkenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 pada bulan Juli lalu.

Tiggo 8 menjadi varian dasar dalam keluarga Tiggo 8 series. Harganya lebih rendah dibandingkan dua varian lainnya, yaitu Tiggo 8 Pro yang dibanderol mulai dari Rp 528 juta dan Tiggo 8 Pro Max mulai dari Rp 628 juta.

Asisten Presiden Direktur Chery Sales Indonesia (CSI), Zeng Shuo, menyatakan bahwa Tiggo 8 memang hadir untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

"Harga Tiggo 8 ini agar konsumen lebih mudah memilih dalam satu ekosistem yang terjangkau," ujar Shuo di Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Dengan mempertimbangkan harga, banderol Tiggo 8 mendekati segmen low SUV. Namun dari segi dimensi dan fitur, mobil ini dapat disejajarkan dengan segmen yang lebih tinggi, termasuk Honda HR-V hingga CR-V.

Shuo menjelaskan bahwa Tiggo 8 merupakan hasil studi yang dilakukan oleh Chery Indonesia. Salah satunya adalah penggunaan mesin yang lebih kecil dibandingkan Tiggo 8 Pro dan Pro Max.

"Tiggo 8 Pro menggunakan mesin 2.000 cc turbo yang sangat bertenaga, tetapi mungkin terlalu besar. Kami perlu menyeimbangkan antara daya, kenyamanan, dan konsumsi bahan bakar," tambah Shuo.

"Setelah dua tahun di Indonesia, Chery memahami apa yang dibutuhkan konsumen. Kami ingin memperbesar populasi Tiggo di Indonesia sekaligus memberikan manfaat bagi konsumen Chery," ujarnya.

Tiggo 8 ditenagai oleh mesin 1.6 liter TGDI dan transmisi 7 DCT, yang mampu menghasilkan tenaga 182 Tk dan torsi 275 Nm. Mesin ini mirip dengan yang digunakan pada Omoda 5 GT.

Sementara itu, Tiggo 8 Pro dan Tiggo 8 Pro Max dilengkapi dengan mesin 1.998 cc turbo yang mampu menghasilkan 250 Tk dan torsi 400 Nm, dipadukan transmisi otomatis 7-percepatan kopling ganda.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/09/104200215/alasan-chery-bekali-tiggo-8-pakai-mesin-lebih-kecil-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke