Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Polytron Harap Pemerintah Lanjutkan Program Subsidi Motor Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Hartono Istana Teknologi (Polytron) mengungkapkan bahwa habisnya kuota subsidi motor listrik akan mengurangi minat masyarakat untuk membeli motor listrik hingga akhir 2024.

Seperti diketahui, kuota subsidi motor listrik tahun ini telah habis terhitung sejak 4 September yang lalu.

Sistem Informasi Bantuan Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Roda Dua atau Sisapira mencatat, penyaluran subsidi motor listrik kepada masyarakat tahun ini mencapai 60.857 unit.

Direktur Komersial Polytron Tekno Wibowo, mengatakan, pihaknya berharap program subsidi motor listrik dapat dilanjutkan pemerintahan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

Menurutnya, peningkatan penggunaan motor listrik dapat mengurangi ketergantungan pada bahan bakar minyak (BBM) dan, pada akhirnya, menurunkan subsidi yang harus dikeluarkan oleh pemerintah.

Tekno mengatakan, sangat disayangkan apabila kuota subsidi motor listrik tidak ditambah pada saat permintaan pasar meningkat.

"Kalau kita masih mengharapkan support dari pemerintah karena ini kan sebetulnya yang dapat manfaat pemerintah juga. Karena kalau semakin banyak yang beralih ke motor listrik, maka subsidi untuk BBM akan berkurang," ujar Tekno di Jakarta (18/9/2024).

Sementara itu, Head of Product Electric Vehicle Polytron, Ilman Fachrian Fadly mengatakan, penjualan motor listrik bisa terdampak imbas habisnya kuota subsidi dari pemerintah.

"Setelah subsidi kemarin kuotanya habis, ya pasti juga masyarakat galau nih, ada lagi atau tidak subsidi ini,” ucap Ilman.

“Ini juga terkait rasa ketidakpastian baik konsumen maupun produsen, jadi kita jalani dulu sampai ada kepastian dari pemerintah," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/19/180100215/polytron-harap-pemerintah-lanjutkan-program-subsidi-motor-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke