Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bagi Pemula, Lebih Baik Main Starlet Kotak atau Kapsul?

Starlet punya dua model, model pertama ialah generasi awal yaitu Starlet kotak alias Starko, dan model kedua yaitu Starlet kapsul.

Starko eksis dari 1985 sampai 1991, sedangkan Starlet kapsul mulai tahun 1991 sampai 1998.

Lantas buat pemula yang tertarik meminang Starlet, lebih baik pilih Starko atau Starlet kapsul?

Mamang Mawardi, pemilik bengkel spesialis Toyota Starlet, Depok Auto Care, mengatakan, jika ada uang dan kesempatan lebih baik pilih Starlet kapsul.

“Buat pemakaian sebetulnya kan Starlet kapsul lebih enak, lebih nyaman buat harian. Cuma Starko itu keren kesan klasiknya dapat,” kata Mamang kepada Kompas.com yang ditemui di Depok, Jawa Barat, belum lama ini.

Mamang mengatakan, harga Starko bisa jadi lebih murah dari pada Starlet kapsul. Tapi jika dapat bahan yang kurang sehat maka siap-siap biaya resorasinya bisa bengkak sampai dua kali lipat ketimbang Starlet kapsul.

Singkatnya kata Mamang beli Starko murah tapi biaya perbaikan mahal, sehingga kerap terjadi malah unitnya "ngejogrok" di bengkel atau malah busik di rumah jarang dipakai.

“Sudah pasti itu 200 persen (dua kali lipat) biayanya daripada Starlet kapsul,” katanya.

Karena umur yang sudah tua juga Starko punya banyak masalah. Salah satu masalah pada mobil kotak itu yakni pengeroposan bodi.

“Untuk perawatan Starko yang paling sering dan bisa dipastikan (ada) ialah masalah di bodi. Karena mobil memang sudah cukup umur dan mungkin besar kemungkinan itu materialnya. Badannya dia mulai digerogoti keropos. Bagian krusial ini yang mesti kita perhatikan,” katanya.

"Nah, kalau kita rujuk lagi ke Starlet kapsul selama dia belum pernah crash (tabrakan) keropos sangat minim atau tidak pernah ada sebetulnya,” ujar Mamang.

Mamang berpendapat, bisa jadi hal tersebut karena material Starlet kapsul yang lebih baik. Jika ada keropos ialah di bagian-bagian yang “wajar”.

“Kalaupun ada sesuatu yang sudah pasti seperti bagasi belakang dan sambungan atap-atap, tapi kalau bagian bawah atau depan. Kalau belum benar-benar kena tabrak, pasti masih bagus,” ujarnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/18/090200615/bagi-pemula-lebih-baik-main-starlet-kotak-atau-kapsul

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke