Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Estimasi Biaya Perbaikan Bumper Mobil yang Ringsek

KLATEN, KOMPAS.com - Kecelakaan bisa berdampak buruk bagi diri sendiri dan juga orang lain yang terlibat, sebab banyak kerugian ditimbulkan seperti cedera, meninggal dunia, hingga kondisi kendaraan rusak. 

Maka dari itu, sebagai pengguna kendaraan perlu lebih waspada saat berkendara di jalan raya, agar tidak terjadi kecelakaan.

Selain membahayakan diri dan orang lain, ketika mobil sudah ringsek maka biaya perbaikannya tidak murah bahkan dalam kondisi parah estimasi ongkosnya bisa satu kali harga jual mobil tersebut.

Bumper mobil merupakan bagian paling sering rusak karena menjadi bagian pertama yang kena tumbukan ketika terjadi kecelakaan. Kira-kira berapa ya ongkos perbaikan bumper mobil yang penyok saja?

Fairu, Pemilik Zabadi Body Repair Klaten, mengatakan perbaikan bodi mobil bisa dihitung per titik kerusakan dan setiap mobil tarifnya tak sama karena pertimbangan kualitas bahan dan tingkat kesulitan.

“Biaya perbaikan bumper mobil menyesuaikan merek dan tipe, serta bagian komponen yang rusak. TIngkat kerusakan menentukan besarnya biaya yang harus dikeluarkan, maka dari itu bila sudah terlalu banyak rusaknya sebaiknya diganti baru,” ucap Fairu kepada Kompas.com, Minggu (7/7/2024).

Fairu mengatakan perbaikan bumper mobil meliputi memperbaiki bagian sobek atau patah, mulai dari semua bagian hingga pengunci, pengait serta lubang bautnya. Setelah bentuk bumper baik selanjutnya proses pengecatan.

“Saya beri contoh perbaikan ringan bumper depan saja, bumper tidak pecah dan hanya dempul tipis dan cat ulang satu panel dan poles untuk mobil Avanza sekitar Rp 700.000-an, kalau lukanya parah bisa sampai Rp 850.000-an,” ucap Fairu.

Fairu juga mengatakan bila mobil bekas kecelakaan biasanya tidak bisa hanya memperbaiki bumper-nya saja karena pasti akibat dari benturan membuat sebagian komponen lain rusak termasuk dudukan bumper dan sasisnya.

“Bumper pada mobil itu memiliki dudukan, sehingga bumper bisa kokoh terpasang, tidak renggang dan tidak menimbulkan bunyi saat berjalan, biasanya dudukan bumper saat mobil mengalami tabrakan juga rusak,” ucap Fairu.

Fairu mengatakan harga perbaikan dudukan bumper juga beragam tergantung kerusakan dan jenis mobil. Sementara untuk Avanza mulai Rp 200.000 - Rp 300.000-an, kalau rusaknya parah bisa sampai Rp 500.000 - Rp 600.000-an, belum perbaikan sasis bila sampai penyok.

“Semakin kencang laju mobil saat tabrakan maka akan semakin memperbesar benturan sehingga akan mempengaruhi tingkat kerusakannya,” ucap Fairu.

Sementara itu, Admin Honda Bintang Cimone, Kota Tangerang mengatakan penggantian bumper mobil mulai Rp 1 jutaan untuk satu sisi.

“Bumper mobil ada depan dan belakang, masing-masing mulai Rp 1 jutaan, diperbaiki juga maksimal segitu, maka dari itu sebaiknya diperiksa terlebih dulu tingkat kerusakannya,” ucapnya kepada Kompas.com, Senin (8/7/2024).

https://otomotif.kompas.com/read/2024/07/08/111200915/estimasi-biaya-perbaikan-bumper-mobil-yang-ringsek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke