Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Bus Tingkat DAMRI Resmi Meluncur, Kabin Sleeper Seat; Pasar Mobil Nasional Positif November 2023, Suzuki Geser Mitsubishi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada pengujung tahun, realisasi penjualan kendaraan roda empat atau lebih di pasar Indonesia berhasil tumbuh positif.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total terdapat 84.390 unit mobil yang dikirimkan dari pabrik ke diler pada periode November 2023, naik 5 persen dibanding satu bulan sebelumnya.

Seiring dengan hal itu, peta persaingan industri otomotif dalam negeri juga tengah berubah. Kini, pada posisi ke-4 berhasil ditempati Suzuki usai kalahkan kinerja Mitsubishi Motors dengan selisih sekitar 100 unit.

Sementara itu, bocoran spesifikasi Wuling Binguo EV yang resmi diluncurkan pada Jumat (15/12/2023) ini juga menjadi salah satu artikel yang paling banyak dicari pembaca Kompas Otomotif.

Apalagi mobil dijanjikan juga akan menjadi produk kendaraan murah menyusul Air EV yang sudah berusia satu tahun di pasar Indonesia.

Binguo EV dikatakan menggunakan baterai LFP yang hadir dengan dua pilihan varian, berdasarkan jarak tempuhnya, yakni 333 Km dan 410 Km.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal Kompas Otomotif pada Jumat, 15 Desember 2023:

1. Bus Tingkat DAMRI Resmi Meluncur, Kabin Sleeper Seat

Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia atau yang lebih populer dengan DAMRI resmi meluncurkan bus anyar model double decker atau bus tingkat mereka, Kamis (14/12/2023).

Sebelum resmi rilis, bocoran baru ini sempat menjadi perbincangan lantaran DAMRI menghidupkan kembali layanan bus tingkat. Kendaraan niaga anyar ini sekaligus menjadi nostalgia di mana bus tingkat DAMRI pernah eksis pada circa 1960-1990 di Indonesia.

Berbeda dengan era sebelumnya, kali ini bus tingkat DAMRI jauh lebih modern dengan fasilitas sleeper bus.

2. Pasar Mobil Nasional Positif November 2023, Suzuki Geser Mitsubishi

Seiring dengan penjualan yang positif, kinerja penjualan beberapa pabrikan lokal terpantau mengalami kenaikkan. Sebagai contoh Toyota yang masih mendominasi pasar dengan market share 36,6 persen, penjualannya tumbuh 12,7 persen jadi 30.916 unit.

Kondisi serupa juga dialami Suzuki yang mampu menaikkan penjualan 18,9 persen sehingga membawanya naik satu peringkat mengalahkan Mitsubishi Motors pada jajaran merek mobil terlaris di Indonesia.

Adapun kenaikan penjualan tertinggi dialami Wuling yaitu 22,9 persen. Membuat pabrikan mobil asal China itu kini menempati peringkat ke-7 mengalahkan Hino, Isuzu, sampai Mitsubishi Fuso.

3. Meluncur Hari Ini, Berikut Bocoran Spesifikasi Wuling Binguo EV

Bagian dasbor, Wuling Binguo EV menggunakan head unit layar sentuh TFT dan panel instrumen dengan ukuran 10,25 inci. Pengaturan kursi juga sudah elektrik namun hanya untuk jok pengemudi.

Untuk baterai, Wuling Binguo EV ini menggunakan baterai LFP yang hadir dengan dua pilihan varian, berdasarkan jarak tempuhnya, yakni 333 Km dan 410 Km. Varian 333 Km, punya kapasitas baterai 31,9 kWh.

Sedangkan varian 410 Km, kapasitas baterainya 37,9 kWh. Keduanya dibekali motor listrik berdaya 50 kW, torsi maksimum yang dihasilkan mencapai 125 Nm.

4. Honda Brio Terlaris, WR-V Meningkat Pesat pada November 2023

Brio terjual sebanyak 4.905 unit dan otomatis menjadi mobil terlaris Honda pada November 2023. Kontribusinya mencapai 48 persen dari total penjualan di bulana tersebut.

Model lainnya yang mencatatkan penjualan terbanyak adalah HR-V dengan 1.537 unit atau berkontribusi 15 persen, selama November 2023. Sementara BR-V, penjualannya mencapai 1.353 unit. Lalu, untuk All New CR-V, tercatat ada 559 unit.

Model lama seperti Mobilio masih mencatatkan penjualan sebanyak 148 unit, City Hatchback RS sebanyak 132 unit, Civic sebanyak 63 unit, City sebanyak 19 unit, Accord sebanyak 12 unit, dan Civic Type R sebanyak 9 unit.

5. Dimensi Honda RC213V Terbaru Lebih Besar, Mirip Motor Eropa

Motor Honda RC213V saat ini merupakan motor paling lemah di MotoGP. Namun insinyur Honda tak menyerah dan terus mengembangkan motor yang tak hanya kencang tapi mudah dikendarai.

Usai menjajal prototipe RC213V model 2024, pebalap Repsol Honda Joan Mir mulai sedikit optimistis. Juara Dunia 2020 itu menyebut ada beberapa pembaruan positif yang berbeda dengan motor sebelumnya.

“Apa yang bisa saya rasakan (langsung) adalah motornya lebih ringan. Jadi pengeremannya sedikit lebih baik, (saat melakukan pengereman keras) sekarang Anda mengerem di titik yang berbeda," kata Mir dilansir dari Crash, Jumat (14/12/2023).

https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/16/060200215/-populer-otomotif-bus-tingkat-damri-resmi-meluncur-kabin-sleeper-seat-pasar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke