Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sekian Biaya Modifikasi Mesin Yamaha Mio Menjadi 2 Tak

JAKARTA, KOMPAS.com – Modifikasi pada motor matik tidak hanya berkutat di bagian tampilan atau estetika saja. Aliran mengubah dapur pacu dari 4 tak menjadi 2 tak pun marak ditemui belakangan ini.

M. Yusuf Adib Mustofa alias Yusuf Psychoengine, pemodifikasi yang bermarkas di Banyumas, Jawa Tengah, mengatakan, tren motor 2 tak jadi pemantik awal mengapa dirinya mengubah Yamaha Mio menjadi 2 tak.

Tingginya harga motor 2 tak bekas, terutama skutik 2 tak, turut mendorong Yusuf untuk segera menyelesaikan proyek ini.

Kemudian, konstruksi mesin juga lebih sederhana karena tidak adanya klep in, klep out, hingga noken as.

Berkurangnya komponen dapur pacu turut berdampak pada bobot mesin 2 tak, yang secara umum lebih ringan dibandingkan mesin 4 tak.

“Saya lihatnya karena matik 2 tak melambung harganya, ya sudah kita buat matik 2 tak. Eh ternyata sambutannya banyak,” ujar Yusuf, kepada Kompas.com (7/7/2023).

Ia pun telah membuka pesanan bagi siapapun yang ingin mengubah Mio menjadi 2 tak. Seperti diketahui, di kalangan motor custom, Yusuf terkenal sebagai builder yang berpengalaman dalam memodifikasi mesin.

“Kalau ini prosesnya mungkin sekitar 4 bulan. Itu dari orang antar motor, terus nanti jadi 2 tak, sudah termasuk knalpot, ditambah pengapian, sudah jalan istilahnya, itu Rp 17 juta,” ucap Yusuf.

“Motor matik yang lain enggak masalah, tapi itu khusus yang karburator. Untuk yang injeksi lebih mahal sekitar Rp 4 jutaan,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/07/150200215/sekian-biaya-modifikasi-mesin-yamaha-mio-menjadi-2-tak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke