Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perbedaan Penyebab Macet Mudik dan Arus Balik di Jalan Tol dan Nontol

Budiyanto, pemerhati masalah transportasi mengatakan, pemerintah perlu langkah antisipasi yang disiapkan dengan cukup baik. Jangan sampai kejadian 'Brexit' pada tahun 2016 terulang kembali.

"Mungkin yang lebih penting bagaimana kita dapat mempetakan titik rawan penyebab kemacetan dan solusi yang tepat sehingga kejadian kemacetan 'Brexit' tahun 2016 tidak terulang kembali. Sampai menimbulkan kemacetan dan korban meninggal," kata Budiyanto dalam keterangan resmi, Kamis (30/3/2023).

Budiyanto mengatakan, titik rawan kemacetan untuk jalur darat dapat dibagi menjadi dua yaitu lewat jalan tol dan nontol. Sehingga penanggulangan penyebab tersebut bisa lebih fokus dan terperinci.

"Titik-titik rawan sebagai penyebab kemacetan selama ini baik di jalan tol maupun nontol secara kasat mata dapat mudah terdeteksi," ujar Budiyanto.

Budiyanto menyebut, untuk titik-titik rawan penyebab kemacetan di jalan tol, yaitu over kapasitas pada rest area, kemudian parkir pada bahu jalan, adanya kecelakaan lalu lintas dan ada kendaraan mogok.

Adapun titik rawan penyebab kemacetan di jalan nontol pada dasarnya ada tiga, yaitu pasar tumpah, kemudian wilayah yang ada pangkalan ojek, serta kondisi jalan menyempit alias bottle neck.

"Mapping titik rawan penyebab kemacetan dan bantuan teknologi kita harapkan dapat diformulasikan dalam rencan operasi yang komprenhensif untuk menangani arus mudik dan balik libur lebaran tahun 2023," kata dia.

"Dengan operasi yang direncanakan dengan baik dinamika arus lalu-lintas yang mungkin akan terjadi selama libur lebaran dapat tertangani dengan baik," ujar Budiyanto.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/30/110200915/perbedaan-penyebab-macet-mudik-dan-arus-balik-di-jalan-tol-dan-nontol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke