Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengemudikan Mobil Saat Hujan Abu, Bawa Botol Air dan Lap

JAKARTA, KOMPAS.com - Erupsi gunung Merapi menciptakan hujan abu di wilayah Magelang, Jawa Tengah sejak Sabtu (11/3/2023). Pengendara mobil yang ada di wilayah sekitar diharapkan senantiasa waspada dan berhati-hati.

Meski dalam kondisi kurang ideal, kalau aktivitas mengemudi mobil tetap harus dilakukan, perlu memperhatikan beberapa hal. Anjuran ini disosialisasikan oleh Heri, Head Of Staff Technical Office Nasmoco Group.

“Kami sudah menyampaikan kepada seluruh kepala teknisi diler Nasmoco di wilayah-wilayah terdampak abu vulkanik untuk mensosialisasikan dan menyebarkan tips berkendara aman dalam situasi ini untuk para pengendara,” kata Heri ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (12/3/2023).

Tips pertama adalah memeriksa dan memastikan mobil dalam keadaan prima sebelum digunakan. Pemeriksaan ini mencangkup kebersihan filter udara dan wiper mobil, tekanan angin ban, jumlah cairan wiper, dan kondisi lampu.

“Sebisa mungkin mobil dalam keadaan baik. Kita menghindari potensi risiko yang bisa menyebabkan kerusakan mobil saat dikendarai,” ujarnya.

Selain memeriksa kesiapan mobil, pengendara juga dianjurkan untuk membawa lap bersih dan air botolan dalam jumlah banyak, jika memungkinkan.

Gunanya adalah untuk mengelap wiper dan membilas kaca bagian depan jika tertumpuk abu vulkanik.

Jika mobil sudah dipastikan siap dan peralatan tambahan sudah dipak, Heri menyarankan pengendara untuk mengemudi dengan rpm rendah dan tidak ngebut.

“Tujuannya adalah mencegah abu vulkanik mengotori injektor, karena partikel abu kan kecil, tajam, dan korosif. Jadi sebisa mungkin berkendara dengan RPM rendah, supaya mesin tidak terlalu banyak menghisap abu,” ujarnya.

Situasi hujan abu dinilai tidak kondusif bagi keamanan berkendara, baik untuk mobil maupun pengendara.

Oleh karena itu, jika situasi tidak terlalu genting, sebaiknya tidak mengendarai mobil saat hujan abu.

 

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/13/122200515/mengemudikan-mobil-saat-hujan-abu-bawa-botol-air-dan-lap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke