Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Asal Ganti Transmisi Matik yang Rusak Parah, Bisa Diperbaiki

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi dikembangkan untuk memudahkan tugas manusia, termasuk mobil transmisi matik. Namun ada semacam keyakinan bahwa jika rusak transmisi matik lebih sulit dibetulkan.

Perdebatan soal transmisi matik sulit diobati hingga ranah media sosial. Akun TikTok spesialis matik contohnya, membeberkan bahwa ada Daihatsu Sirion yang akhirnya ganti transmisi karena biaya servis terlalu mahal.

Dalam video disebutkan pemilik mengalami masalah transmisi dan ketika akan servis di bengkel resmi biayanya dipatok Rp 45 juta. Ketimbang keluar uang banyak akhirnya membeli transmisi copotan yang masih bagus.

"Pengguna mobil bawa mobilnya ke diler resmi untuk di overhoul, biayanya itu habis kisaran Rp 45 juta mau tidak mau akhirnya si pemilik mobil mencari alternatif lain, di sini dia membeli girboks bekas," kata pria dalam video tersebut dikutip Kompas.com, Minggu (5/3/2023).

Pemilik bengkel Worner Matic, Hermas E Prabowo, mengatakan, sebetulnya permasalahan transmisi mobil matik pasti bisa diselesaikan. Namun yang sering terjadi ialah ada bengkel yang langsung mengarahkan untuk mengganti.

"Tiga hal yang mesti dimiliki (bengkel), ialah satu dari sisi pengetahuan sistem mobil matik, kedua terkait pengalaman, dan ketiga kemampuan. Kebanyakan ialah punya sedikit pengalaman, sedikit kemampuan tapi tidak punya pengetahuan sistem tranmisi, jadinya apa ya trial error," kata Hermas kepada Kompas.com, akhir pekan lalu.

Hermas mengatakan, jika ada yang bilang transmisi matik lebih baik diganti daripada diperbaiki, sebab kalau diperbaiki belum tentu benar itu sebetulnya itu adalah omongan orang yang belum bisa memperbaiki.

"Orang yang tidak bisa memperbaiki atau kemampuan atau kapasitasnya 60 persen cenderung akan mempromosikan bahwa mobil itu tidak bisa diperbaiki karena tidak mampu. Ada juga transmisi yang sudah diperbaiki muncul masalah lagi atau terulang," kata dia.

Kemudian buat pemilik mobil juga mesti tahan dengan masukan untuk langsung ganti girboks baru. Menurut Hermas yang mesti dilakukan ialah mencari bengkel yang tepat, mengerti masalah dan bisa memperbaiki.

"Misalnya terus (pemilik) ngambek kemudian tidak jadi diperbaiki, yang mesti dilakukan ialah cari bengkel yang benar. Kalau sekarang banyak yang mengaku pintar servis tapi skalanya, kapasitas keilmuannya sampai level mana," kata Hermas.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/05/144100015/jangan-asal-ganti-transmisi-matik-yang-rusak-parah-bisa-diperbaiki

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke