Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Transportasi Publik Baru di BSD, Pakai Bus Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Sinar Mas Land menghadirkan BSD Link Electric Bus sebagai transportasi umum di wilayah BSD. Hal ini siring dengan upaya Pemerintah Indonesia mempercepat Net Zero Emission di 2060.

BSD Link Electric Bus menggunakan bus merek Skywell tipe NJL6730BEV, beroperasi di wilayah township BSD City. Pengadaan bus ini adalah kerja sama Sinar Mas Land bersama pT Eka Sari Lorena Transport Tbk dengan total nilai investasi Rp 3,8 miliar.

Peresmian operasional BSD Link Electric Bus dilakukan di Lobby The Breeze BSD City, Jumat (7/10/2022).Bus listrik akan beroperasi dari Senin sampai Minggu pukul 07.00 WIB -19.35 WIB.

Bus listrik ini memiliki 6 rute pemberhentian dengan pin awal di Terminal Intermoda – ICE – Qbig – Ara Rasa – The Breeze 1 – Digital Hub – Terminal Intermoda yang dapat ditempuh hanya dalam waktu 1 jam.

Masyarakat umum dapat mencoba bus listrik ini secara gratis dan tanpa harus registrasi terlebih dahulu.

Managing Director President Office Sinar Mas Land Dony Martadisata mengatakan, pengoperasian bus listrik ini seiring dengan komitmen Sinar Mas Land mewujudkan kota pintar berenergi hijau.

"BSD Link Electric Bus akan menghubungkan landmarks BSD City sehingga penghuni dan masyarakat umum akan sangat dimudahkan dengan layanan transportasi publik ini. Kendaraan cerdas bertenaga listrik ini telah digunakan di berbagai negara maju dan diproyeksikan sebagai transportasi publik masa depan karena sangat ramah terhadap lingkungan,” ucapnya dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Jumat (7/10/2022).

Managing Director PT Eka Sari Lorena Transport Tbk Dwi Ryanta Soerbakti menambahkan, kerja sama Lorena Transport dengan Sinar Mas Land sudah berjalan selama lima tahun. Oleh karena itu, Lorena Transport sangat mendukung komitmen Sinar Mas Land dalam menyediakan sarana transportasi bagi penghuni dan masyarakat umum yang menghubungkan setiap wilayah permukiman, CBD, dan commercial area dengan berbagai jenis layanan transportasi terutama di BSD City.

"Lorena Transport sangat mengapresiasi komitmen Sinar Mas Land dalam mewujudkan kota pintar berenergi hijau dengan menggunakan kendaraan bertenaga listrik karena ini juga sejalan dengan program perusahaan Lorena Transport yang selalu mengedepankan teknologi untuk pelayanan transportasi yang lebih baik dan ramah lingkungan,” ucap Ryan.

BSD Link Electric Bus memiliki penggerak listrik dan battery pack Lithium Iron Phosphate (LiFePo4) berkapasitas 114 kWh dengan proses pengisian daya selama 2 jam. Bus listrik ini mampu menempuh perjalanan sejauh 180 km dan kecepatan maksimalnya hingga 50 km/jam.

BSD Link Electric Bus berdimensi 7,3 m x 2,1 m dengan kapasitas 17 seat serta 13 hand grip sehingga dapat membawa 30 penumpang. Selain itu, bus listrik ini juga dilengkapi dengan CCTV, face recognition temperature, hingga USB port di kabin bus yang dapat dimanfaatkan penumpang untuk mengisi baterai ponsel.

Sebelumnya pada bulan Mei lalu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah meresmikan uji coba autonomous electric vehicle di Q-Big BSD City. Proyek tersebut merupakan kolaborasi antara Sinar Mas Land dengan Mitsubishi Corporation and JICA. Uji coba tersebut kini berlanjut di kawasan BSD Green Office Park. Kemudahan akses transportasi dan mobilitas di BSD City akan menjadi kelebihan yang ditawarkan oleh Sinar Mas Land kepada warga dan masyarakat luas.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/08/080200915/ada-transportasi-publik-baru-di-bsd-pakai-bus-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke