Salin Artikel

Efek Tie Rod Mobil yang Oblak

SEMARANG, KOMPAS.com - Dalam rangkaian sistem kemudi, ada komponen bermana tie rod yang terletak antara steering gearbox dan knuckle roda, bertugas menggerakan long tie rod sesuai irama putaran setir. 

Kerusakan pada komponen ini, akan berimbas pada kenyamanan berkendara. Seperti setir bergetar bahkan ban ikut terkena dampaknya lantaran bisa menyebakan keausan tak rata.

Umumnya, tie rod rusak bisa diketahui saat mobil dibawa lari kecepatan tinggi. Bila sudah parah gejalanya setir akan bergetar. 

Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, tie rod yang oblak sedikit akan membuat kemudi mobil jadi tidak nyaman. 

"Liar dan bergetar, itu yang dirasakan. Apalagi bila lari kecepatan tinggi di jalan tol. Setir, bisa lari kiri atau kanan," kata Bambang kepada Kompas.com, Selasa (13/9/2022). 

Tak hanya itu, roda juga bisa ikut-ikutan oblak, bisa diketahui dengan mengangkat salah satu roda. 

Dampaknya sangat merugikan, tie rod oblak bila terus dibiarkan begitu saja, ban mobil bisa ikut habis sebelah. 

"Lantaran oblak, putaran roda menjorok ke arah luar atau dalam. Akhirnya, ban habis tidak rata," ucapnya. 

Tie rod tugasnya sangat berat, termasuk menyangga beban berat kendaraan. Terlebih dengan kondisi jalanan berlubang dan bergelombang. 

Product Development Manager Otobox Supermarket Ban Indonesia Aan Nugroho menjelaskan, umur pakai tie rod bisa dipengaruhi oleh penggunaan pelek diameter lebih besar. 

Beban kaki-kaki mobil yang berat ikut membebani tie rod.  Tak hanya bobot ban dan pelek yang lebih, diameter ban yang tipis getaran kaki-kaki jadi besar. 

"Jalan berlubang akan membuat kaki-kaki bekerja ekstra. Tie rod fungsinya memutar setir dan meredam getaran, modifikasi kaki-kaki bisa memberatkan kinerja, dengan bobot ban dan pelek diameter besar, membuat putaran setir berat," kata Aan. 

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/13/153100215/efek-tie-rod-mobil-yang-oblak

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.