Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kagum dengan Slogan Vespa, Erick Thohir Sindir Pabrik di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Slogan satu Vespa sejuta saudara menjadi salah satu kunci yang membuat tingginya antusiasme pencinta skuter legendaris tersebut dalam perhelatan Vespa World Days (VWD) di Nusa Dua, Bali, Indonesia pada 9-12 Juni 2022.

Pasalnya, sebagaimana dikatakan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, gelaran kelas dunia itu sudah berhasil menarik lebih dari 12.000 pencinta Vespa dari seluruh negeri.

"Di dunia, ini pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah dan langsung memecahkan rekor karena 8.500 orang lebih yang hadir," kata dia ketika membuka helatan VWD 2020/22, Jumat (10/6/2022) malam.

"Sebenarnya lebih yang ingin hadir, 12.000-an peserta. Tetapi karena ada pembatasan ya. Ini membuktikan market Indonesia yang sangat besar telah dilirik dunia," lanjut Erick.

Tidak sampai di sana, ia pun mengaku sangat senang dengan slogan satu Vespa sejuta saudara karena mencerminkan budaya masyarakat di dalam negeri.

"Ketika bertemu di jalan saling menyapa, yang kesusahan dibantu supaya motornya bisa jalan lagi tanpa memandang suku, agama, bangsa. Tetapi, bagaimana menghormati persaudaraan," ucap dia.

Oleh karenanya, Erick meminta pihak Piaggio khususnya Vespa Indonesia untuk terus menjaga komunitas dan budaya terkait. Serta, meningkatkan cangkupan pasarnya ke seluruh wilayah Indonesia.

"Saya berharap, tadi sama Marco (Managing Director and Country CEO PT Piaggio Indonesia) saya bilang pabrik Vespanya harus dibikin juga di sini. Saya harap, kita menjadi fondasi untuk ekonomi di Asia Tenggara," kata dia lagi.

Diketahui, Piaggio berencana untuk melokalkan produksi Vespa di dalam negeri mulai akhir tahun ini. Pabrik perakitannya pun kini mulai dibangun di kawasan Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Pabrik perakitan tersebut, berdiri di area seluas 55.000 meter persegi, berlokasi di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Bekasi, sekitar 35 kilometer sebelah timur Jakarta.

Adapun keputusan memproduksi skuter secara lokal, menyusul tren atas penjualan Vespa yang diklaim memiliki performa lebih baik selama 10 tahun terakhir.

Meski begitu, belum ada informasi rinci mengenai model skuter Vespa apa yang akan jadi produk pertama di pabrik perakitan ini.

"Pabrik akan segera hadir dan kami sudah bersiap. Kami sudah lakukan langkah-langkah penting, akan segera beroperasi. Sekarang memasuki tahap persiapan akhir," Marco Noto La Diega, Managing Director and Country CEO PT Piaggio Indonesia dalam kesempatan terpisah.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/11/082200715/kagum-dengan-slogan-vespa-erick-thohir-sindir-pabrik-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke