Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cuaca Panas Indonesia, Tantangan Berat buat Pengendara Motor

Cuaca panas dapat menurunkan konsentrasi saat berkendara. Saat kondisi seperti itu, dalam kasus ekstrem berpotensi meningkatkan risiko kecelakaan lalu lintas.

Budiyanto, pemerhatin masalah transportasi dan hukum, mengatakan, kondisi terlalu panas dapat bahkan gejala heat stroke atau peningkatan suhu tubuh secara mendadak.

"Ingat bahwa dalam kondisi apapun pada saat kita mengemudikan kendaraan bermotor dibutuhkan konsentrasi penuh. Kondisi konsentrasi dapat terbangun apabila kondisi tetap prima atau fit," kata Budiyanto, Rabu (11/5/2022).

"Sehingga dengan adanya anomali perubahan cuaca dan tren adanya peningkatan kepad semua pihak pada saat beraktivitas di luar termasuk pengendara kendaraan bermotor," katanya.

Khusus yang berkendara menggunakan sepeda motor pada saat suhu panas terik, tentu menjadi tantangan tersendiri. Apalagi ditambah dengan kemacetan, serta gangguan eksternal di jalan.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, ketika berkendara dalam suhu panas terik, pengendara motor sebaiknya memperhatikan riding gear (kelengkapan berkendara).

Selain merupakan faktor keamanan, pengendara juga harus memperhatikan kenyamanan juga.

“Jangan sampai terlalu aman malah saat digunakan tidak nyaman sehingga berkendaranya menjadi tidak bebas dan mengganggu konsentrasi,” ucap Agus.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/11/172100715/cuaca-panas-indonesia-tantangan-berat-buat-pengendara-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke