Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

ITDC dan MGPA Pastikan Kargo Logistik MotoGP Aman di Mandalika

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina Grand Prix of Indonesia akan digelar dalam waktu dekat. Kargo logistik MotoGP pun sudah sampai di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok.

Untuk memastikan kargo logistik tersebut dalam kondisi baik dan aman, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA), mendapatkan dukungan dari Kementerian Keuangan melalui penetapan Kawasan Pabean Mandalika.

Penetapan ini ditandai dengan diawalinya pemeriksaan kargo oleh pihak Bea Cukai pada hari Rabu (9/3) di area Paddock Pertamina Mandalika Circuit. Barang yang tiba pertama dan diperiksa di Kawasan Pabean adalah kontainer untuk Red Bull KTM Hospitality.

Proses pemeriksaan kondisi kargo pertama kali ini disaksikan oleh Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC Arie Prasetyo, Direktur Utama MGPA Priandhi Satria, serta Direktur Teknik dan Operasi MGPA Samsul Purba.

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria, mengatakan, pada hari Rabu (9/3), MGPA bersama pihak Forwarder PT Bakhtera Freight Worldwide, menyaksikan pembukaan segel kontainer Red Bull KTM Hospitality yang merupakan pilot project Pemberitahuan Pabean (PP) oleh Bea Cukai untuk kawasan pabean Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

"Kami ucapkan terima kasih kepada tim Kementerian Keuangan khususnya tim dari Bea dan Cukai, dan Bakhtera yang telah membantu kami dalam memproses ini semua,” ujar Priandhi, dalam keterangan resminya.

Direktur Teknik dan Operasi MGPA Samsul Purba, menambahkan, dengan telah ditetapkannya area Pertamina Mandalika Circuit sebagai tempat kepabeanan khusus, maka barang-barang logistik bisa langsung dikirim dan diperiksa di area Pertamina Mandalika Circuit.

"Sehingga kami bisa menghemat waktu dalam hal pemeriksaan logistik dengan melakukan pemeriksaan secara langsung di The Mandalika,” kata Samsul.

Managing Director PT Bakhtera Freight Worldwide Dedi Irawan, menyampaikan hal yang senada. Menurutnya, dengan adanya fasilitas ini akan mempermudah proses kepabeanan guna mendukung event-event yang ada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) termasuk event MotoGP.

"Fasilitas ini otomatis juga akan mendorong perputaran ekonomi para pelaku usaha di KEK dalam kaitannya dengan arus keluar masuk barang," ujar Dedi.

Untuk diketahui, kargo logistik MotoGP sudah tiba di Sirkuit Mandalika pada Rabu, pukul 02.20 WITA dini hari di The Mandalika. Untuk pengiriman logistik ini, terdapat lima pesawat carter dengan berat yang mencapai lebih dari 800 ton. Hingga saat ini sejumlah kargo logistik MotoGP yang sudah tiba, yakni kargo Team Suzuki Ecstar MotoGP, Red Bull KTM Tech 3 MotoGP, Red Bull KTM Factory Racing MotoGP, dan Gresini Racing MotoGP.

Selain kargo logistik MotoGP, pada Rabu lalu juga tiba logistik untuk Moto2 dan Moto3, seperti logistik Leopard Racing Moto3, ASPAR Team Moto 2, Aspar Moto 3, Liqui Moly Intact GP Moto2, Yamaha VR46 Master Camp Team Moto2, Boe SKX Moto3, CIP Green Power Moto3, Avintia Esponsorama Moto3, Avintia Esponsorama Moto3, Red Bull KTM Tech3 Moto3, MT Helmets MSI Moto3, Team MTA Moto3, dan CFMoto Racing PruestelGP Moto3.

Priandhi mengatakan, ITDC bersama MGPA selaku bagian dari ITDC Group, akan memastikan kargo logistik Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP) 2022 tiba dengan aman di Pertamina Mandalika Circuit dan akan mendapat penanganan secara profesional serta sesuai dengan aturan yang ditetapkan Dorna Sports.

"Dengan pengalaman penyelenggaraan WSBK tahun lalu dan Tes Pramusim MotoGP Februari kemarin, kami percaya akan mampu mencegah terjadinya hal-hal atau insiden yang tidak kita inginkan bersama,” kata Priandhi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/12/100200915/itdc-dan-mgpa-pastikan-kargo-logistik-motogp-aman-di-mandalika

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke