Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Bedanya Kunci Vespa Matik Warna Biru dan Coklat

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada sepeda motor vespa transmisi matik, pemiliknya dibekali dengan dua kunci motor yang ditandai perbedaan warna.

Kunci utama vespa matik memiliki gagang kunci berwarna biru, sedangkan duplikatnya berkelir coklat.

Kunci duplikat tersebut bisa dijadikan pengganti kunci utama. Namun, saat kunci utama hilang, kunci duplikat dengan gagang kunci berwarna coklat tidak bisa digunakan untuk duplikat.

"Kunci coklat adalah kunci master, hanya dipakai saat pembuatan kunci duplikat atau kunci dengan tampilan warna biru. Kunci Vespa baru adalah kunci duplikat yang dianjurkan untuk pemakaian sehari-hari," ucap Tim Humas PT Piaggio Indonesia kepada Kompas.com, Jumat (4/3/2022).

Selain itu, yang membedakan kunci duplikat Vespa matik dengan motor lain adalah adanya chip pada kunci duplikat, bisa digunakan untuk menghidupkan mesin vespa tersebut.

"Beda kunci duplikat Vespa terdapat sebuah transponder yang biasa orang sebut sebagai 'chip'. Tanpa ada chip ini, maka mesin tidak bisa dihidupkan. karena ECU akan mengunci semua akses untuk mesin dapat hidup," katanya.

Tim Humas PT Piaggio Indonesia juga menjelaskan, kunci biru yang menjadi kunci duplikat dari Vespa tidak bisa diduplikat lagi. Sehingga jika kunci coklat Vespa hilang, maka pemilik harus turut mengganti juga ECU.

"ECU yang lama hanya akan dapat memproses pembuatan kunci duplikat, dengan hadirnya kunci coklat yang hilang tersebut."

Jika pemilik Vespa kehilangan kunci baik kunci master disarankan untuk langsung datang ke diler resmi untuk dibuatkan kunci duplikat.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/05/104100215/ini-bedanya-kunci-vespa-matik-warna-biru-dan-coklat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke