Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Awas Terjebak Macet Lagi, Ini Jadwal Sistem Satu Arah di Puncak Bogor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem satu arah alias one way merupakan salah satu rekayasa lalu lintas di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat untuk mengurai kepadatan yang kerap terjadi saat akhir pekan.

Melalui skema tersebut, kendaraan dari arus sebaliknya akan diputar balik atau dialihkan oleh petugas Kepolisian di Simpang Gadog, Bogor. Polisi di sekitar juga memasang beberapa barier untuk cegah kendaraan bandel.

"One way dilakukan pada akhir pekan dan tanggal merah dengan status situasional, tergantung kondisi lapangan," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata saat dihubungi, Selasa (1/3/2022).

Pada dasarnya, jadwal buka tutup Jakarta-Puncak itu tak berbeda yaitu pada pukul 08.30 WIB sampai 16.00 WIB. Tapi dalam suatu kondisi, bisa saja berbeda seperti akhir pekan lalu (26-28 Februari 2021).

Kala itu, one way menuju arah Jakarta diterapkan mulai pukul 12.30 WIB, lebih cepat dari biasanya. Sehingga kendaraan yang ingin ke Puncak akan dialihkan ke jalur alternatif.

Dilansir laman TMC Polres Bogor, berikut rincian jadwal one way:

* Pukul 08.30 - 10.30 WIB - Hanya dibuka satu jalur ke arah Puncak, sedangkan jalur ke arah bawah (Jakarta dan Ciawi) ditutup. Kendaraan menuju arah bawah akan dialihkan.

Jadwal buka tutup Puncak tersebut masih bisa mengalami penyesuaian kembali. Semua tergantung pada kondisi dan situasi di lapangan saat hari-H.

Misalnya, pada hari Minggu, pihak kepolisian biasanya menerapkan one way atau jalur satu arah ke Jakarta dalam waktu lebih lama karena meningkatnya volume kendaraan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/01/130100615/awas-terjebak-macet-lagi-ini-jadwal-sistem-satu-arah-di-puncak-bogor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke