Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Transjakarta Buka Lagi Rute Stasiun Palmerah dan Ragunan, Ini Jalurnya

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) kembali melakukan reaktivasi dua rute yaitu Stasiun Palmerah – Bundaran Senayan (1F) yang aktif melayani warga mulai Rabu (26/1/2022) dan Kampung Melayu – Ragunan (5N), Jumat (28/1/2022).

Angelina Betris, Plt. Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta, mengatakan, pengoperasian dua rute tersebut dilakukan sebagai bentuk konsistensi Transjakarta dalam meningkatkan pelayanan dan upaya memenuhi kebutuhan mobilitas warga.

Untuk rute Stasiun Palmerah – Bundaran Senayan, Transjakarta menyediakan sebanyak 4 (empat) single bus yang akan melayani masyarakat setiap hari Senin – Jumat.

Rute ini akan melayani masyarakat pada jam-jam sibuk saja yaitu pagi mulai pukul 05.00 – 10.00 WIB dan sore mulai pukul 15.00 – 21.30 WIB.

Bagi pelanggan yang ingin menggunakan rute ini diwajibkan untuk melakukan tap in dan tap out pada alat Tap On Bus (TOB) yang terdapat di dalam bus dengan tarif reguler Rp. 3.500.

“Dengan adanya rute 1F, diharapkan dapat mempermudah masyarakat baik menuju Stasiun Palmerah maupun yang ingin berpindah moda transportasi lain menuju lokasi tujuan,” ujar Betris, dilansir dari keterangan tertulis (1/2/2022).

Sedangkan untuk rute Ragunan – Kampung Melayu (5N), Transjakarta menyediakan sebanyak 8 (delapan) unit single bus yang akan melayani masyarakat setiap hari mulai pukul 05.00 – 21.30 WIB.

Untuk dapat menikmati layanan ini masyarakat diwajibkan melakukan tap in dan tap out pada gate halte dengan tarif regular Rp. 3.500 dan akan ada perubahan pada titik pemberhentikan akhir.

Dalam hal ini, titik ujung di Ragunan akan berada di Halte Ragunan dari yang sebelumnya berada di Terminal Ragunan, Jakarta Selatan.

Menyoal kapasitas penumpang, Betris mengatakan, bus Transjakarta masih beroperasi dengan kapasitas pelanggan sebesar 100 persen dengan menerapkan peraturan PPKM yang berlaku.

“Kami mengimbau agar masyarakat bisa memenuhi semua aturan yang berlaku untuk kemanan dan kenyamanan kita bersama” kata Betris.

Ke depannya secara bertahap, rute-rute lainnya akan kembali dibuka dengan harapan bisa memberikan kemudahan akan akses transportasi kepada masyarakat dalam mobilitas sehari- hari.

Berikut jalan yang dilalui untuk kedua rute tersebut :

1. Stasiun Palmerah - Bundaran Senayan (1F)

Stasiun Palmerah - Bundaran Senayan:

Stasiun Palmerah - Graha Kemenpora - TVRI - Taman Ria - Senayan JCC Arah Timur - Gelora Bung Karno (GBK) - Bundaran Senayan.

Bundaran Senayan - Stasiun Palmerah:

Bundaran Senayan - Gelora Bung Karno (GBK) - Senayan JCC Arah Barat - DPR MPR 1 - DPR MPR 2 - Manggala Wanabakti - Stasiun Palmerah.

2. Kampung Melayu - Ragunan (5N)

Kp. Melayu - Ragunan:

Terminal Kampung Melayu - Jl. Otto Iskandardianta - Putar U-Turn Bidara Cina - Jl. Otto
Iskandardinata - Jl. KH. Abdullah Syafe'I - Jl. Tebet Utara Dalam - Jl. Tebet Raya - Jl. Prof. DR. Soepomo - Jl. Gatot Subroto - Jl. Kapten Tendean - Jl. Mampang Prapatan - Jl. Duren Bangka - Jl. Kemang Utara - Jl. Kemang Timur - Jl. Ampera Raya - Jl. TB. Simatupang - Putar U-Turn Deptan -
Jl. TB. Simatupang - Jl. Cilandak KKO - Jl. Margasatwa Barat - Jl. Saco - Ragunan.

Ragunan - Kp. Melayu:

Ragunan - Putar U-Turn Jl. RM. Harsono - Jl. Saco - Jl. Kavling Polri - Jl. Paso - Jl. Moh. Kahfi 1 - Jl. Margasatwa - Jl. Cilandak KKO - Jl. Ampera Raya - Jl. Kemang Timur - Jl. Kemang Utara - Jl. Kemang Utara IX - Jl. Mampang Prapatan Raya - Underpass Mampang - Naik dan Putar di U-turn Kuningan Barat - Jl. Kapten Tendean - Jl. Gatoto Subroto - Jl. Prof. DR. Soepomo - Jl. Tebet Raya - Jl. Tebet Utara 1 - Jl. KH. Abdullah Syafei - Putar di Kolong FO Saharjo - Jl. KH. Abdullah Syafei - Jl. Raya Jatinegara Barat - Jl. Jatinegara Barat 3 - Jl. Jatinegara Timur - Jl. Otto Iskandardinata - Putar U-Turn Bidara Cina - Terminal Kampung Melayu

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/02/090200915/transjakarta-buka-lagi-rute-stasiun-palmerah-dan-ragunan-ini-jalurnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke