Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Penjelasan Nasmoco mengenai Kecelakaan Perdana All New Veloz | Tarif Resmi Tol Ruas Serang-Rangkasbitung

SEMARANG, KOMPAS.com - Beredar video mengenai Toyota All New Veloz berwarna putih yang merupakan mobil tes mengalami kecelakaan di jalan raya. Rekaman tersebut diunggah oleh akun YouTube Hasyim Zay, Sabtu (27/11/2021).

Dalam video dengan durasi 18 detik tersebut, tampak Toyota All New Veloz baru berwarna putih dengan pelat nomor H 1203 WS mengalami ringsek pada bagian depan sebelah kiri.

Pada sisi bodi mobil tertempel berbagai stiker khas mobil tes drive calon konsumen, plus tambahan tulisan Nasmoco.

Tampak roda kiri depan bergeser dari tempatnya ke arah belakang, dan bodi pelindung di bagian tersebut tak lagi terlihat. Bumper juga mengalami kerusakan yang cukup parah.

Selain itu yang tak kalah menarik tentang tarif Tol Ruas Serang-Rangkasbitung mulai 2 Desember 2021.

Penasaran seperti apa, berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Rabu 1 Desember 2021.

1. Tarif Resmi Tol Ruas Serang-Rangkasbitung Mulai 2 Desember 2021

PT Wika Serang-Panimbang telah mengumumkan rincian tarif untuk jalan tol Serang-Panimbang Seksi 1, yakni ruas tol Serang-Rangkasbitung.

Sebagai informasi, jalan tol ini telah diresmikan Presiden Joko Widodo, Selasa (16/11/2021), dan mulai dibuka untuk umum keesokan harinya, 17 November. Jalan tol ini lantas digratiskan biayanya selama 14 hari ke depan.

Ini berarti, mulai Kamis (2/12/2021) besok, ruas tol Serang-Rangkasbitung sudah mulai menerapkan tarif barunya. Hal ini sesuai dengan Surat Keputusan Menteri PUPR Nomor 1428/ KPTS/M/2021 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol di Jalan Tol Serang- Panimbang Seksi 1 (Serang-Rangkasbitung).

2. Jika Kia Niro Masuk Indonesia, Siap Tantang 4 Model Sekaligus

Pabrikan mobil asal Korea Selatan, Kia, belum lama ini meluncurkan mobil listrik terbaru mereka di ajang Seoul Mobility Show, Kamis (25/11/2021). Mobil bergaya SUV ini bernama All New Niro.

Kia Niro generasi terbaru ini hadir dalam tiga versi, yakni Hybrid, Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Battery Electric Vehicle (BEV).

Andaikan PT Kreta Indo Artha sebagai agen pemegang merek (APM) resmi Kia di Indonesia memboyong Niro ke Indonesia, model mobil apa saja yang bakal jadi pesaingnya?

Mulai dari yang varian BEV, Kia Niro bisa jadi akan berhadapan langsung dengan sesama mobil listrik asal Korea, yakni Hyundai Kona Electric.

3. Pasang Snorkel di Mobil Punya Efek Samping yang Belum Banyak Diketahui

Memasang snorkel pada kendaraan memang awam dilakukan para pemilik kendaraan 4x4. Fungsi dari snorkel adalah menambah tinggi titik masuknya udara ke ruang mesin menjadi di atas pilar A.

Dengan posisi lubang udara yang tinggi, mobil jadi bisa menjelajah ke area sungai atau kubangan yang cukup dalam tanpa khawatir air masuk ke ruang mesin. Secara tampilan, snorkel juga menambah garang mobil off road.

Namun, di balik segala manfaat memakai snorkel, ada juga konsekuensi yang harus diterima oleh pemilik kendaraan. Salah satu konsekuensinya adalah menurunnya performa kendaraan.

Penurunan performanya memang tidak terlalu terasa, masih aman. Untuk orang yang senang off road, tidak terlalu masalah dengan penurunan performanya, yang penting ketika melewati sungai, tidak mogok,” kata Julian Johan, Pebalap Off Road Nasional kepada Kompas.com belum lama ini.

4. Pilihan MPV Boxy Bekas Akhir 2021, Harga Mulai Rp 130 Jutaan

Di pasar otomotif Indonesia, peminat segmen multi purpose vehicle (MPV) dengan bodi mengkotak alias boxy memang tidak seramai MPV murah.

Selain karena faktor selera masyarakat, MPV boxy juga memiliki harga yang jauh lebih mahal, hingga ratusan juta untuk unit barunya. Meski begitu, MPV kotak ini punya fitur yang lebih lengkap, salah satunya adalah keberadaan pintu geser.

Di bursa mobil bekas, ada sejumlah model MPV boxy yang bisa jadi pilihan. Sebut saja seperti Nissan Serena, Mazda Biante, Mitsubishi Delica, hingga Toyota Voxy.

Sebagai tambahan, ada pula Toyota Nav1 yang pernah turut mengaspal di Indonesia sebelum digantikan oleh Voxy.

5. Kecelakaan Truk Tronton di Salatiga, Diduga Akibat Rem Blong

Terjadi kecelakaan truk tronton menabrak lima kendaraan di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Salatiga, Jawa Tengah, Senin (29/11/2021) sekitar pukul 19.00 WIB.

Dugaan awal, truk tronton tersebut mengalami rem blong. Akibatnya, truk tronton ini menabrak truk lain di depannya, lalu melaju hingga melewati median jalan dan menabrak empat mobil dari arah berlawanan. Kecelakaan beruntun ini mengakibatkan satu orang meninggal dunia.

Menanggapi fenomena rem blong pada truk, Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan menegaskan pentingnya melakukan pre-inspection alias pengecekan awal sistem pengereman tiap sebelum berangkat mengemudi. Tidak terbatas pada truk tronton, tapi untuk seluruh jenis truk.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/02/060200615/-populer-otomotif-penjelasan-nasmoco-mengenai-kecelakaan-perdana-all-new

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.