Salin Artikel

Bocoran Spesifikasi Land Cruiser 300, Meluncur Akhir Tahun

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Land Cruiser 300 dikabarkan segera hadir menyapa pecintanya di Tanah Air dalam waktu dekat. Mobil akan membawa berbagai aspek menarik, termasuk pada karakteristik dan harganya.

Bocoran ini tercantum dalam dokumen pemerintah di lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 40 Tahun 2021 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021.

Dari beleid tersebut terkait, terlihat ada tiga model Land Cruiser 300 yang akan hadir, yakni LC 300 GR-S 4X4 A/T, LC 300 VX 4X4 A/T, dan LC 300 ZX 4X4 A/T. Kendaraan memiliki harga dasar Rp 1,663 miliar sampai Rp 2,280 miliar.

"Benar (akan hadir Land Cruiser 300), kabanya akhir tahun. Nanti ada tiga model baru dengan harga yang bersaing. Varian GR-S akan menjadi tipe tertinggi," kata salah satu pramuniaga Toyota kepada Kompas.com, Rabu (29/9/2021).

Adapun mengenai bocoran spesifikasinya, ia belum ingin bicara lebih jauh. Tetapi, tidak akan jauh berbeda dari model yang sudah meluncur secara global di Agustus lalu yang menggunakan platform GA-F, serupa filosofi TNGA.

Melalui perubahan itu, dikabarkan kekakuan frame mobil meningkat 20 persen dari Seri 200, dan bobotnya turun 200 kilogram. Kemudian, ada juga sistem suspensi belakang double-wishbone baru serta sistem suspensi belakang trailing-link rigid-axle yang telah dioptimalkan.

SUV ini pun sudah dibekali sejumlah fitur elektronik seperti Lane Tracing Assist, rem kontrol elektronik, Torsen Limited Slip Differential (LSD), enam mode berkendara, yakni Auto, Dirt, Sand, Mud, Deep Snow, dan Rock.

Kemudian pada bagian kabin Toyota New Land Cruiser 300 sudah menggunakan monitor multi medan yang meliputi sistem empat kamera. Lalu ada layar informasi off-road khusus berukuran 12,3 inci.

Untuk fitur keselamatan, mobil ini untuk pertama kalinya menggunakan sensor sidik jari untuk menyalakan mesin. Untuk menyalakannya, pengemudi harus membawa Smart Key, tekan pedal rem, dan sentuh sensor sidik jari di tengah sakelar start.

Urusan dapur pacu, Land Cruiser 300 hadir dalam dua varian, yakni mesin bensin twin-turbo V6 3.5L dan mesin diesel twin-turbo V6 3.3L yang dipadukan dengan transmisi otomatis 10 percepatan. Sehingga, menghasilkan langkah gigi yang lebih kecil dan rasio roda lebih luas.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/29/161204115/bocoran-spesifikasi-land-cruiser-300-meluncur-akhir-tahun

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.