Salin Artikel

Ganjil Genap di Tempat Wisata Bali Ikut Berlaku Mulai Hari Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna membatasi mobilitas sosial selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, Pemerintah Provinsi Bali menerapkan sistem ganjil genap di kawasan wisata Pantai Kuta, Badung, dan Pantai Sanur.

Aturan ini tertuang dalam Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 16 tahun 2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Arus Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil-genap pada Daerah Wisata di Bali.

“Tujuan dari peraturan ini adalah mengendalikan dan mengatur fluktuasi kunjungan daerah tempat wisata (DTW), memastikan terjadinya pelonggaran secara bertahap, sehingga kerumunan dapat dihindarkan,” ucap Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali IGW Samsi Gunarta, dalam keterangan resmi belum lama ini.

Beberapa titik-titik jalan yang menerapkan sistem ganjil-genap di Pantai Kuta mulai dari Simpang Jalan Kuta hingga Jalan Bakung. Sementara itu pada Kawasan Sanur di sepanjang Pantai Matahari Terbit hingga Pantai Mertasari.

Sistem ganjil-genap tersebut akan dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu. Dimulai pukul 06.30 – 09.30 WITA dan 15.00 – 18.00 WITA.

Meski begitu, ada beberapa jenis kendaraan yang dapat melintas saat pembatasan ganjil-genap. Yakni jenis kendaraan operasional karyawan yang digunakan untuk menjemput tamu VIP, serta jneis angkutan online yang membawa makanan.

Khusus kendaraan yang diperbolehkan, akan dipasang stiker khusus oleh petugas. Dengan begitu, petugas yang berjaga dilokasi pintu masuk kawasan yang menerapkan ganjil-genap akan mudah mendeteksi kendaraan yang dikecualikan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/25/064200315/ganjil-genap-di-tempat-wisata-bali-ikut-berlaku-mulai-hari-ini

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.