Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengemudi Bus Kelelahan Bisa Jadi Penyebab Kecelakaan di Jalan

JAKARTA, KOMPAS.com – Kecelakaan bus di Indonesia bisa dibilang sering terjadi. Misalnya seperti bus Sugeng Rahayu yang belum lama ini menabrak motor di daerah Kabupaten Madiun.

Bus di Indonesia biasanya memiliki trayek yang jauh, sehingga ada dua pengemudi yang bertugas secara bergantian. Sehingga ketika salah satu pengemudi kelelahan, bisa bergantian dan perjalanan tetap bisa dilanjutkan.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 29 tahun 2015, pengemudi diminta untuk beristirahat maksimal 15 menit setelah mengemudi dua jam berturut-turut. Namun, nampaknya di lapangan, aturan mengenai istirahat ini tidak diikuti.

Sehingga ada juga pengemudi bus yang kelelahan saat bekerja. Padahal ketika sedang tidak prima, pengemudi bus bisa membahayakan semua penumpang maupun pengguna jalan lain.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, perusahaan bus hanya menentukan target ketibaan dengan toleransi yang sedikit, sehingga waktu istirahat kerap disepelekan.

“Dalam satu kali perjalanan, idealnya tiga sampai empat jam mengemudi diselingi dengan istirahat. Tapi kenyataannya, jauh-dekat hanya satu kali beristirahat, ini yang jadi masalah,” ucap Sony kepada Kompas.com, Minggu (5/9/2021).

Sony menjelaskan, mengemudikan bus dalam kondisi lelah bisa mengakibatkan dua hal, overthinking dan micro sleep. Overthinking di sini maksudnya adalah pengemudi yang tidak bisa berpikir jernih, sehingga perilakunya menjurus tidak terkontrol.

“Mereka memaksakan untuk tetap bugar dengan minum energy drink. Ketika badan lelah dan dipaksakan dengan bermacam cara, pasti berbuah overthink dan overact, yang akhirnya menjadi agresif di jalan,” kata Sony.

Kemudian micro sleep bisa dialami saat pengemudi sangat kelelahan. Sehingga otak tertidur namun fisiknya tetap normal, sehingga bisa berakibat kecelakaan yang fatal.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/06/124200215/pengemudi-bus-kelelahan-bisa-jadi-penyebab-kecelakaan-di-jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke