Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Asik Geber Gas di Tikungan, Dua Pengendara Motor Tewas di Cilegon

Dalam rekaman tersebut terlihat pengendara motor melaju dengan kecepatan tinggi bak di sirkuit dari arah Citangkil menuju Cilegon.

Sesampainya di tempat kejadian, pada saat jalanan menikung, pengendara motor tersebut tak dapat mengendalikan kendaraannya sehingga tergelincir dan terjatuh ke jalur berlawanan.

Di saat bersamaan, dari arah yang berlawanan melaju bus karyawan swasta Mercedes Benz bernomor plat B 7043 CGA. Alhasil, kecelakaan pun tak dapat dihindari. Kedua penumpang motor pun dikabarkan tewas dalam perjalanan menuju rumah sakit.

Kejadian seperti ini harusnya dapat menjadi pembelajaran, sebab bukan yang pertama kali terjadi.

Tikungan atau belokan kerap di jadikan pengendara tak bertanggung jawab untuk berlagak seperti pebalap.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, kebut-kebutan di jalan raya sangat berisiko. Meskipun, kondisinya lengang atau minim lalu lintas.

“Berbahaya sekali, karena saat kita ngebut bisa meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas,” ucap Agus saat dihubungi Kompas.com, Selasa (29/6/2021).

Menurut Agus, masih banyak pengendara yang menyepelekan cara berbelok yang benar dan aman.

“Jika ingin belok, nyalakan lampu sein ke arah yang dituju. Perhatikan kendaraan di sekitar melalui spion, kemudian menoleh untuk cek blind spot, usahakan untuk tidak terlalu mepet dengan kendaraan lain,” kata dia.

Aturan

Dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) Pasal 31, disebutkan bahwa setiap orang yang dengan sengaja mengemduikan Kendaraan Bermotor dengan cara atau keadaan yang membahayakan bagi nyawa atau barang dipidana dengan pidana penjara paling lama satu tahun atau denda paling banyak Rp 3 juta.

Sanksi dan dendanya bisa lebih berat lagi jika sampai benar-benar menimbulkan korban atau mengakibatkan kerusakan pada kendaraan lain. Apalagi, jika sampai korban tersebut mengalami luka berat atau bahkan sampai meninggal dunia.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/29/134100115/asik-geber-gas-di-tikungan-dua-pengendara-motor-tewas-di-cilegon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke