Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cuci Mobil Sendiri di Rumah, Pakai 2 Ember dan Jangan Pakai Sabun Cuci Piring

JAKARTA, KOMPAS.com - Kegiatan mencuci mobil biasanya banyak dilakukan orang saat akhir pekan. Apalagi jika waktunya senggang, banyak yang memilih untuk melakukannya sendiri di rumah.

Mencuci mobil merupakan salah satu cara termudah untuk merawat kendaraan. Namun, perlu diketahui, cuci mobil juga tidak bisa asal. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat cuci mobil sendiri di rumah.

"Lebih jauh, itu bisa membuat jamur," ujar Christopher, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

2. Jangan Gunakan Sabun Cuci Piring

Saat shampoo khusus mobil habis, sebagian orang mengira tidak masalah jika menggunakan sabun cuci piring. Padahal, langkah tersebut salah dan dapat merusak cat mobil.

Christopher mengatakan, perilaku tersebut bisa membuat cat mobil menjadi kusam dan banyak goresan karena pH yang dimiliki sabun cuci piring sangat tinggi. Sebaiknya, gunakan shampoo khusus dengan pH rendah.

3. Gunakan Dua Ember Berbeda

Tak sedikit juga orang yang menggunakan satu ember saja saat mencuci mobil. Padahal, kotoran dapat bercampur jika menggunakan ember yang sama untuk mencuci dan membilas.

4. Bersihkan dari Atas ke Bawah

Christopher menambahkan, Cara membersihkan mobil setelah dibasahi dan diberi shampo yang benar adalah dengan gerakan dari atas ke bawah.

"Jangan menggunakan gerakan sebaliknya atau gerakan memutar, karena hal tersebut akan menyebabkan debu dan kotoran menyebar atau kembali ke permukaan," kata Christopher.

Setelah dibilas, lap seluruh mobil hingga kering menggunakan kain plas chamois atau banyak disebut dengan kanebo.

5. Jangan Turunkan Kaca Jendela

Ketika kaca diturunkan sebelum kering, maka akan banyak tetesan air di kaca jendela yang turun ke bodi mobil. Akhirnya, malah akan mengering dan menyebabkan flek atau bercak air.

"Pastikan juga lap tidak kotor, jadi tidak menimbulkan goresan halus di mobil. Jangan lupa juga aplikasikan vakum untuk bagian interior mobil," ujar Christopher.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/06/124100015/cuci-mobil-sendiri-di-rumah-pakai-2-ember-dan-jangan-pakai-sabun-cuci

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke