Salin Artikel

Seberapa Irit City Hatchback RS Diajak Tamasya Ringan 200 Km

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas performa mesin DOHC 1.500 cc yang digunakan Honda City Hathcback RS, giliran mengulik sisi efisiensi bahan bakarnya.

Seperti sebelumnya dibahas, redaksi mengajak pengganti Jazz tersebut tak hanya berkeliling di dalam kota saja, tapi juga mengendarainya sampai ke Purwakarta, Jawa Barat.

Gaya mengemudi juga bervariasi. Saat berada di dalam kota, redaksi lebih cenderung santai dan memanfaatkan Econ Mode guna untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar.

Namun saat masuk ke jalan bebas hambatan alias tol, terutama ketika mengarah ke Cikampek, sesekali pedal gas kami injak lebih dalam yang dibarengi dengan tuas transmisi pada posisi S.

Bahkan paddle shift sering dimanfaatkan, selain ketika akan menyalip kendaran lain juga untuk merasakan kesan responsif dari mesin yang digadang-gadang memiliki performa lebih baik dari Jazz tersebut.

Momen perjalanan ke luar kota juga kami manfaatkan untuk menjajal cruise control yang jadi perangkat bawaan pabrik.


Meski tidak secanggih CR-V, tapi fitur tersebut menjadi salah satu poin plus kami untuk City Hatchback RS. Paling tidak, untuk mengoperasikan tidak perlu prosedur yang bertele-tele, cukup sederhana dan bersahabat.

Keberadaan cruise control juga cukup berguna untuk perjalanan jarak jauh, dan pastinya memberikan efek pada efisiensi bahan bakar karena ritme kecepatan bisa dijaga lebih konstan.

Alhasil, setelah mengajak City Hatchback RS berjalan sejauh 207,9 km dengan beragam kondisi yang ada, redaksi mendapatkan angka rata-rata konsumsi BBM pada MID sebesar 14,6 kpl.

Dengan demikian, kurang lebih 1 liter yang digunakan hatchback ini bisa mengantarkan perjalanan sejauh 14,6 km. Namun ketika berkeliling santai di dalam kota, redaksi sempat mendapatkan angka hingga 16,1 kpl.

Bicara soal hasil, redaksi menilai rata-rata konsumsinya masih dalam kategori yang tak mengecewakan untuk sebuah hathcback bermesin 1.500 cc.

Apalagi saat pengujian, kami cukup agresif mengendarainya, selain karena penasaran, alasan lain memang karena sensasi mengendarai City Hatchback RS benar-benar fun to drive.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/29/110200015/seberapa-irit-city-hatchback-rs-diajak-tamasya-ringan-200-km

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.