Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kelebihan dan Kekurangan Naik Bus AKAP Angkatan Pagi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dahulu bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) juga terkenal dengan sebutan bus malam, karena perjalanannya yang 80 persen dilakukan saat gelap. Namun sekarang, infrastruktur jalan tol di Indonesia yang semakin baik membuat waktu tempuh naik bus jadi lebih singkat.

Karena waktu tempuh yang lebih singkat tadi, berbagai PO bus mulai mengoperasikan bus yang berangkat pagi atau dikenal dengan angkatan pagi. Bus yang berangkat pagi ini akan sampai tujuan di sore hari.

Bus angkatan pagi ini baru terkenal di area Jawa. Mengingat adanya Tol Trans Jawa, waktu tempuh bus yang berangkat sore dan pagi memiliki selisih waktu yang tidak begitu jauh. Lalu apa saja kelebihan bus angkatan pagi?

Anggota Forum Bismania Dimas Raditya mengatakan, ada beberapa keuntungan dari naik bus angkatan pagi. Perlu diingat, kalau ini merupakan contoh jika berangkat dari Jabodetabek pagi menuju berbagai daerah di awa Timur.

“Kalau berangkat pagi, kelebihannya yaitu bisa lihat pemandangan. Kemudian karena sampai tujuannya sore, malamnya jadi bisa istirahat. Lalu servis makannya biasanya pas saat waktu makan siang,” ucap Dimas kepada Kompas.com, belum lama ini.

Namun kekurangannya, waktu tempuh biasanya lebih lama. Lalu saat di jalan, kurang bisa beristirahat dengan nyaman dibanding naik bus malam. Mengingat adanya cahaya matahari, istirahat jadi kurang nyaman karena masih terang.

“Kelebihan naik bus di malam hari yaitu waktu tempuh lebih cepat. Waktu berangkatnya juga menyesuaikan dengan jam kerja pada umumnya. Bisa beristirahat lebih nyaman daripada jalan pagi atau siang,” kata Dimas.

Dimas mengatakan, kelebihan naik bus malam yaitu sampai di kota tujuan waktunya pas, tidak terlalu pagi dan bisa langsung beraktivitas karena sudah beristirahat di bus. Namun kekurangannya, soal servis makan yang terlalu malam, bahkan bisa tengah malam.

“Jadi servis makan sudah lewat dari waktu makan malamnya. Naik bus di malam hari juga pemandangannya tidak ada,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/24/071200015/kelebihan-dan-kekurangan-naik-bus-akap-angkatan-pagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke