Salin Artikel

Bahaya, Jangan Sampai Warna Oli Motor Seperti Kopi Susu

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim hujan membuat beberapa ruas jalan raya bisa tergenang banjir. Untuk pengendara motor menerjang genangan air bisa membuat oli tercampur air.

Kepala Bengkel Honda Ahass Daya Motor Cibinong Asep Suherman mengatakan, cara mudah melihat oli tercampur air yaitu dengan melihat warna oli.

“Ciri-cirinya kalau oli sudah bercampur dengan air adalah dari warnanya, seperti kopi susu,” kata Herman kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Herman mengatakan, oli yang bercampur air membuat mesin tidak sehat. 

“Oli yang sudah bercampur dengan air akan membuat mesin tidak sehat, komponen di dalam mesin akan mudah rusak,” katanya.

Hal ini disebabkan fungsi oli untuk melakukan pelumasan terhadap setiap komponen di dalam mesin menjadi tidak optimal.

Oli yang bercampur air sudah kehilangan fungsi utamanya. Oli tidak bisa melakukan pelumasan dengan sempurna. Selain itu juga tidak bisa menahan panas pada mesin.

“Ini bisa menyebabkan mesin menjadi menggelitik atau knocking, maka sebaiknya dilakukan penggantian oli dengan pembilasan total,” katanya.

Untuk itu, katanya, untuk para pemilik sepeda motor rutin melakukan pengecekan kondisi oli. Terutama jika kendaraan baru saja digunakan untuk menerjang kawasan yang tergenang air.

"Selalu periksa kondisi motor, jangan sampai air masuk ke bagian mesin dan bercampur dengan oli," kata Herman.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/16/162100215/bahaya-jangan-sampai-warna-oli-motor-seperti-kopi-susu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.