Salin Artikel

PPKM Jawa-Bali Diperpanjang, Ini Tips Naik Motor yang Aman

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa - Bali resmi diperpanjang mulai 26 Januari hingga 8 Februari 2021.

Setidaknya ada tujuh wilayah yang menerapkan PPKM jilid II ini, di antaranya DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

Dengan adanya PPKM jilid II ini masyarakat pun diminta untuk tetap menjaga protokol kesehatan dalam setiap aktivitasnya, termasuk dalam berkendara.

Tidak hanya pengemudi kendaraan roda empat saja, tetapi pengendara motor juga perlu menjaga setiap perangkat yang digunakan agar terhindar dari virus Corona.

Selain selalu menggunakan masker, hal yang tidak boleh diabaikan adalah dalam memilih jenis helm yang aman dan nyaman.

Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng Oke Desiyanto mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 ini mengendarai sepeda motor disarankan untuk menggunakan helm full face.

Penggunaan helm jenis ini dianggap lebih aman saat berkendara di jalan raya. Hal ini karena bentuk helm ini menutup seluruh bagian kepala dan bagian depan.

“Konstruksi helm full face yang menutupi hingga depan muka, menghindarkan pengendara motor dari benda asing yang bisa masuk ke muka,” ujar Oke kepada Kompas.com belum lama ini.

Mengingat, Oke menambahkan, ketika mengendarai kendaraan roda dua di jalan raya mungkin saja ada benda kecil yang bisa mengenai bagian wajah.

Untuk itu, penggunaan helm yang bisa sepenuhnya melindungi wajah dan kepala menjadi hal yang perlu diperhatikan.

Penggunaan helm full face ini tidak hanya disarankan bagi pengendara sepeda motor yang di depan saja. Tetapi juga yang membonceng atau yang ada di belakang juga akan lebih baik menggunakan helm full face.

“Bukan hanya pengendara yang di depan, tetapi yang membonceng juga sebaiknya menggunakan helm full face karena lebih aman,” ucapnya.

Kemudian, Oke juga mengatakan, dalam kondisi seperti sekarang ini perawatan pelindung kepala itu juga harus lebih diperhatikan.

Misalkan ketika akan atau sesudah memakainya juga harus dilakukan pembersihan sehingga akan akan saat dipakai.

“Jangan lupa setelah sampai di rumah helm langsung dibersihkan dengan cairan disinfektan atau dicuci,” tutur Oke.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/23/112200115/ppkm-jawa-bali-diperpanjang-ini-tips-naik-motor-yang-aman

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.