Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menilik Kursi Unik Milik Bus Baru PR Sukun, Pakai Double Leg rest

JAKARTA, KOMPAS.com – Karoseri Laksana baru saja merilis satu unit bus tingkat milik PR Sukun. Salah satu hal yang spesial dari bus ini ada di bagian kabinnya. Kursi yang digunakan memiliki leg rest ganda sehingga bisa menopang kaki lebih sempurna.

Pembuat dari kursi bus ini adalah Hai Rimba Kencana yang ada di Malang. Ada dua tipe kursi yang digunakan pada bus tingkat ini, untuk dek bawah memakai model super executive, sedangkan di dek atas model TCC Jumbo dengan arm rest super executive.

Marketing PT Rimba Kencana Yohan Wahyudi mengatakan, awal muncul ide membuat kursi bus dengan leg rest ganda atau lipat ini berasal dari masukan beberapa costumer mengenai leg rest yang lebih panjang.

“Mereka menginginkan leg rest yang lebih panjang, bisa menopang sampai tumit atau minimal menyangga lebih panjang. Setelah itu kita mencoba develop leg rest panjang yang aman dan kuat,” ucap Yohan kepada Kompas.com, Kamis (14/1/2021).

Yohan mengatakan, setelah mendesain, bentuk jadinya sudah 80 persen, baru lah PR Sukun memesan bangku ini untuk bus tingkatnya. Saat itu, Rimba Kencana mengemukakan soal ide bangku leg rest lipat kepada PR Sukun dan disetujui.

“PR Sukun juga menambah ide-ide pelengkap untuk leg rest lipat, mengenai ketebalan, ketinggian leg rest dan posisinya. Dengan menggabungkan ide tadi, kita release leg rest lipat pertama kali untuk bangku bus PR Sukun,” kata Yohan.

Untuk teknis melipatnya, bagian bawah ditumpuk ke leg rest yang atas. Jika ingin memperpanjang leg rest, bisa melepas kaitan dengan velcro dan membuka lipatan ke arah bawah, sehingga penopang kaki jadi lebih panjang.

Untuk fiturnya, model super executive disertai meja lipat yang disimpan di bawah armrest. Lalu ada port USB untuk mengisi daya telepon genggam dan cup holder yang ada di arm rest tengah.

Selain bus milik PR Sukun, ada satu Perusahaan Otobus (PO) yang juga memakai kursi leg rest lipat buatan Hai Rimba Kencana. PO tersebut adalah 27 Trans Java, namun ada sedikit perbedaan dengan milik PR Sukun.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/14/184100915/menilik-kursi-unik-milik-bus-baru-pr-sukun-pakai-double-leg-rest

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke