Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Jadi Biang Kerok, Sudah Tahu Etika Menyalip Kendaraan di Jalan?

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendahului kendaraan lain atau menyalip sudah jadi pemandangan umum di jalan raya.

Namun perlu diketahui, kesalahan atau ketidaktahuan untuk mengambil tindakan terkait mendahului dan memberi jalan kendaraan lain bisa menyebabkan kecelakaan.

Seperti contoh video yang sedang viral di media sosial saat ini. Belum diketahui secara pasti di mana kejadian tersebut, namun dalam rekaman video berdurasi 28 detik yang diunggah akun @dashcamindonesia itu, terlihat jelas motor yang dikendarai oleh seorang wanita menyalip kendaraan tanpa perhitungan.

Akibatnya, pengendara motor dari lawan arah tidak dapat mengindar sehingga menyebabkan pengendara motor wanita tersebut jatuh ke aspal. Lebih parahnya lagi, sang pengendara motor tidak mengenakan helm.

“Semua pengguna jalan harus mematuhi rambu-rambu yang memberitahukan batas marka, kecepatan, dan adanya tikungan di depan dan lain-lain. Karena hal ini yang memandu pengendara agar lebih selamat,” ujar Sony saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Sony melanjutkan, ketika pengendara sepeda motor ingin menyalip sebaiknya jangan hanya bermodal insting.

“Jangan semuanya dikira-kira. Merasa kendaraan ramping, tapi bukan berarti semua kondisi muat dan pas dengan lebar motor. Tidak boleh memaksakan diri, pikirkan risiko terburuk badan jadi tumpuan kala kecelakaan terjadi,” ucapnya.

Tidak hanya pengemudi motor saja, setiap pengguna jalan yang sudah berada di jalan raya harus bersiap untuk kemungkinan terburuk. Karena kecelakaan bisa mengintai siapa saja dan kapan saja.

Selain itu, ketika ingin menyalip kendaraan sebaiknya pastikan pandangan luas dan minim blind spot. Ketika keadaan benar-benar aman baru mendahului.

“Hindari menyalip di tikungan, dari sebelah kiri dan dipersimpangan. Pengemudi sebaiknya hilangkan ego untuk segera cepat sampai tempat tujuan, ingat keselamatan saat berkendara adalah prioritas,” kata Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/14/102200015/jangan-jadi-biang-kerok-sudah-tahu-etika-menyalip-kendaraan-di-jalan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke