Salin Artikel

Karoseri Laksana Luncurkan Prototipe Bus Bio Smart Milik PO Sumber Alam

JAKARTA, KOMPAS.com – Karoseri asal Ungaran, Laksana kembali meluncurkan inovasi pada bus yang aman dari virus Covid-19. Setelah sebelumnya meluncurkan Suites Class dengan HEPA Filter dan mengusung konsep social distancing bus.

Kali ini, karoseri Laksana menyempurnakan konsep social distancing bus yang memiliki susunan kursi 1-1-1 dengan model sirkulasi udara yang sudah didesain ulang.

Hasil desain ulang sirkulasi ini demi mendapatkan sirkulasi udara yang lebih bersih, aman dan sehat.

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, desain yang diubah yaitu penempatan inlet AC bus yang biasanya ada di langit-langit kabin, dipindah ke bagian bawah agar lebih vertikal.

“Udara akan dihisap dari bagian bawah. Aliran udara yang vertikal ini membantu meminimalisir terjadinya penyebaran virus antara penumpang di kabin bus. Udara yang sudah dihisap nantinya disalurkan ke HEPA Filter dan UV C Lamp,” ucap Werry kepada Kompas.com, Selasa (1/12/2020).

Werry menjelaskan, HEPA Filter dan UV C Lamp berfungsi untuk menyaring partikel yang sangat kecil. Selain itu, pada prototipe bus ini, pada bagian interior sudah dilapisi dengan NANO Silver.

“Melalui pelapisan Nano Silver berfungsi untuk menguraikan virus yang menempel pada setiap permukaan bus,” kata Werry.

Untuk unit busnya sendiri, PO Sumber Alam kembali menjadi pelopor bus Bio Smart ini. Untuk bodinya memakai Legacy SR2 HD Prime S Series double glass dan sasis Hino RK8. Bagian eksteriornya menggunakan livery yang berbeda dari biasanya.

Ada grafis berbentuk segitiga-segitiga yang ada di bagian samping yang berwarna biru di atas kelir bus yang dominan putih. Lalu di kaca atas bagian depan ada stiker bertuliskan “Bio Smart & Safe Bus”.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/01/130100215/karoseri-laksana-luncurkan-prototipe-bus-bio-smart-milik-po-sumber-alam

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.