Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenperin Bicara Peluang Motor Listrik di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai upaya mendorong percepatan pengembangan industri sepeda motor listik berbasis baterai, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengklaim telah menetapkan kebijakan dan strategi.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin Doddy Rahadi mengatakan, pemanfaatan kendaraan listrik akan memberikan beberapa keuntunga dalam sistem transportasi dibanding kendaraan konvensional, baik dari aspek lingkungan maupun energi.

"Kami mendorong percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan dalam rangka ketahanan energi, peningkatan efisiensi energi, konservasi energi sektor transportasi, dan terwujudnya energi bersih, kualitas udara bersih dan ramah lingkungan, serta komitmen Indonesia menurunkan emisi gas rumah kaca," ucap Doddy dalam keterangan resminya, Jumat (6/11/2020).

Doddy menjelaskan kebijakan dan strategi percepatan industri motor listrik berbasis baterai dalam negeri akan melalui tiga tahapan. Mulai dari jangka pendek, menengah, dan panjang.

Motor diklaim sebagai kendaraan favorit, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) menujukkan tingkat penjualan per tahun naik tajam sejak 2003 dan mencapai lebih dari 6 juta unit pada 2019.

Sampai semester pertama 2020, tercatat ada 10 produsen sepeda motor listrik yang beroperasi. Diperkirakan kapasitas produksi hingga 850.000 per tahun dan menyerap tenaga kerja sekitar 1.500 orang.

"Dengan melihat data tersebut, peluang untuk masuk dalam bisnis sepeda motor listrik sangatlah bagus," kata Doddy.

Kemenperin juga mengusung konsep circular economy sebagai bagian dari upaya menekan efek negatif dari kendaraan listrik, yakni menumpuknya sampah baterai lithium karena masa pakai dan siklus pengisian yang terbatas.

Dengan konsep tersebut, nantinya baterai yang sudah habis masa pakai akan kembali diolah kembali. Sayangnya tak dijelaskan secara detail sebagai apa.

"Terlebih lagi Indonesia tidak memiliki sumber alam mineral lithium, sehingga konsep circular economy akan menjadi lebih tepat," ujar Doddy.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/07/132200315/kemenperin-bicara-peluang-motor-listrik-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke