Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini 3 Jenis Tapak Ban, Kenali Plus Minusnya

JAKARTA, KOMPAS.com – Model telapak ban mobil yang dijual di pasaran ada banyak, tergantung dari teknologi yang dimiliki dari pabrikannya. Namun secara jenis, bisa dibagi menjadi tiga yaitu Bi-Direction, One Direction dan Asymmetric.

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk., Zulpata Zainal akan menjelaskan keunggulan dari ketiga jenis ban ini jika dipasang ke mobil. Pertama yaitu Bi-Direction atau yang bisa dipakai untuk kedua arah.

“Bi-Direction merupakan telapak umum dipakai dan banyak tersedia di pasaran. Jenis ini pemasangan tidak dikhususkan, jadi bisa dipakai di posisi mana saja di kendaraan,” ucap Zulpata kepada Kompas.com, Minggu (1/11/2020).

Kelebihannya, sisi luar telapak ban Bi-Direction bisa dipasang ke bagian sisi dalam dan sebaliknya, hal ini mempermudah pemasangan ban ke kendaraan. Namun kekurangannya yaitu performa di jalan basah dan keringnya cukup mumpuni.

“Kedua yaitu one direction, ban yang dipasang harus disesuaikan arah dari patternnya. Ciri dari ban ini biasanya di dinding luar ada tandanya, berupa panah arah,” kata Zulpata.

Kelebihan dari telapak one direction yaitu performa ban yang bagus sekali di salah satu permukaan, basah atau kering. Serta tingkat noise dapat dibuat optimum, karena arah putaran hanya satu arah.

Zulpata mengatakan, kekurangan dari ban one direction ini yaitu, tidak bisa ditotasi kiri ke kanan, hanya depan ke belakang dan sebaliknya. Ketiga yaitu ada ban asymmetric atau asimetris yang memiliki telapak berbeda di sisi dalam dan luar ban.

“Ban pola telapak Asymmetric ini sangat baik untuk jalan kering maupun basah, keduanya bisa dibuat optimum. Umumnya performa ban setengah sisi keluar adalah untuk di permukaan kering, setengah telapak ke dalam untuk di jalanan basah,” kata dia.

Ban asimetris juga memiliki rotasi yang mudah, depan ke belakang dan sebaliknya bisa, kiri ke kanan atau sebaliknya bisa pula. Kelemahannya, harus memerhatikan mana bagian luar dan dalam dari ban, kalau terbalik, performanya jadi kurang maksimal.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/02/142100915/ini-3-jenis-tapak-ban-kenali-plus-minusnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke