Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Dua Jenis Tangki Bahan Bakar Mobil, Besi dan Plastik Resin

JAKARTA, KOMPAS.com – Mobil memiliki tangki bahan bakar untuk menyimpan bensin ataupun solar. Secara bahan baku, tangki BBM tidak hanya terbuat dari besi, namun ada yang terbuat dari plastik resin.

Kedua bahan tangki BBM ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Head Product Improvement/ EDER Department Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi akan menjelaskan kelebihan dan kekurangannya.

“Keuntungan dari tangki BBM berbahan resin yaitu lebih ringan dan tidak berkarat. Sedangkan kelemahannya, tangki resin tidak bisa diperbaiki dan harus diganti bila rusak,” ucap Supriyadi kepada Kompas.com, Senin (19/10/2020).

Supriyadi melanjutkan, tangki berbahan besi memiliki kelebihan yaitu lebih kuat dan tidak mudah rusak atau retak kalau terbentur benda atau jalan. Kemudian tangki besi ini bisa diperbaiki bila diperlukan.

Untuk kekurangan tangki besi yaitu bisa mengalami karat atau korosi bila ada penguapan atau kondensasi di dalam tangki. Sedangkan di tangki resin, tetap mengalami penguapan dan kondensasi, namun lebih rendah.

“Karena tidak akan menghasilkan karat, efek kondensasi di tangki resin adalah bercampurnya bensin dengan air. Sehingga jika masuk ke ruang mesin, bisa menyebabkan mesin tersendat,” kata Supriyadi.

Untuk mengurangi efek kondensasi di tangki BBM, pemilik mobil bisa mengisi tangki sampai penuh. Hal ini membuat ruang udara di tangki semakin kecil dan kondensasi tidak terjadi.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/19/152100215/ada-dua-jenis-tangki-bahan-bakar-mobil-besi-dan-plastik-resin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke