Salin Artikel

Pameran Otomotif Jakarta Auto Week 2020 Batal Terselenggara

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran besutan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jakarta Auto Week (JAW), yang dijadwalkan pada 21-29 November 2020 di Jakarta Convention Center (JCC) batal terselenggara. 

JAW kemudian dijadwalkan ulang menjadi awal tahun depan, tepatnya 9-17 Januari 2021.

Alasan utama keputusan tersebut, klaim pihak asosiasi, ialah kondisi pandemi virus corona alias Covid-19 di Tanah Air yang belum kondusif. Di samping itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih mengaplikasikan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Kesehatan dan keselamatan masyarakat menjadi concern kita meski tetap terus berupaya untuk memulihkan industri otomotif nasional. Kita putuskan menunda agar penyelenggaraan pameran bisa berlangsung optimal dan lancar," kata Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi saat dikonfirmasi, Kamis (15/10/2020).

Ia juga tak menampik bahwa pemberlakuan kembali PSBB ketat di DKI Jakarta pada September lalu membuat waktu persiapan pameran JAW menjadi terganggu. Padahal, para peserta telah memiliki rencana yang cukup matang.

"Pameran pada saat ini menjadi penting karena menandai titik kebangkitan industri otomotif Indonesia. Kami harap, dengan penundaan ini, pameran JAW bisa berlangsung optimal melebihi ekspektasi," kata Nangoi.

Melalui keterangan tertulis, disebutkan bahwa Gaikindo telah menyusun rencana untuk pameran yang akan digelar pada awal tahun tersebut dengan peluncuran berbagai model kendaraan terbaru.

"Jika tidak ada aral melintang, Jakarta Auto Week akan jadi pameran otomotif pertama yang berlangsung setelah hampir semua perhelatan kendaraan bermotor ditangguhkan pada 2020," ujar Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo.

"Kami meyakini penyelenggaranya akan menjadi momentum yang sangat baik dan sangat ditunggu baik dari para merek serta juga masyarakat yang pasti sudah sangat kangen dengan suasana pameran otomotif,” lanjut dia.

Dalam kesempatan sama, Rizwan juga memastikan bahwa jika kondisi pandemi Covid-19 sudah bisa diatasi dan kesehatan serta keamanan masyarakat terjamin, tak ada alasan untuk pihaknya tidak mengadakan pameran otomotif.

JAW sendiri direncanakan berlangsung sembilan hari di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, dengan protokol kesehatan ketat. Pembelian tiket hanya bisa dilakukan secara online guna meminimalisasi kontak langsung.

“Pelaksanaan pameran pada Januari ini akan menjadi usaha Gaikindo di bawah arahan pemerintah untuk mendorong industri otomotif Indonesia keluar dari masa sulit,” ucap Nangoi.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/16/072200415/pameran-otomotif-jakarta-auto-week-2020-batal-terselenggara

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.