Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Toyota Avanza dan Veloz

JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara soal mobil keluarga, masyarakat Indonesia pasti akan langsung tertuju dengan Toyota Avaza. Mobil ini memang digadang menjadi mobil keluarga atau MPV paling laris di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Pada awal 2019 Toyota meluncurkan Avanza dan Veloz facelift. Penyegaran dilakukan untuk mempertahankan pasar. Walaupun keduanya sepintas terlihat sama, sebenarnya kedua mobil tersebut memiliki perbedaan yang cukup kentara.

Apa saja perbedaan tersebut? Simak penjelasannya.

- Mesin

Baik Toyota Avanza maupun Veloz masih menyediakan dua pilihan mesin. Pertama berkubikasi 1.329 cc yang mampu menghasilkan tenaga 96,5 Ps pada 6.000 rpm dan torsi puncak 120 Nm pada 4.200 rpm.

Pilihan mesin kedua berkubikasi 1.496 cc 4 silinder, yang mampu memuntahkan tenaga 104 Ps pada 6.000 rpm dan torsi 136.4 Nm pada 4.200 rpm.

Kedua mesin tersebut disediakan dengan dua pilihan transmisi, yakni manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

- Eksterior

Eksterior Veloz memiliki desain yang lebih mewah dengan penggunaan grill lebar yang dibalut dark chrome garnis. Sedangkan, untuk Toyota Avanza hanya dibalut dengan sentuhan krom saja.

Perbedaan juga terdapat pada bumper depan, Veloz memiliki lekuk yang lebih menonjol dengan kisi-kisi udara yang lebih sporty. Kemudian pada bagian samping, Veloz mendapatkan sentuhan side body modling dengan side skrit baru yang dilengkapi dengan aksen chrome.

Keduanya sudah dilengkapi dengan lampu LED tarbaru.

- Interior

Memasuki interior, terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara Toyota Avanza dengan Veloz.

Avanza memiliki warna yang lebih terang dengan penggunaan dual-tone hitam dan abu-abi di kabin. Sedangkan, Veloz memiliki desain interior yang lebih gelap dengan dominasi warna hitam. Termasuk bagian pintu yang dipadukan dengan warna baru jok mobil.

- Fitur

Bicara dari segi fitur, Veloz dibekali beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh Toyota Avanza. Seperti smart entry, start stop button, dan fitur follow me home light yang berfungsi membuat lampu utama kendaraan tetap menyala untuk beberapa saat guna memudahkan pengemudi saat masuk ke dalam rumah.

Namun untuk entertainment, keduanya sudah dibekali dengan fitur yang sama. Diantaranya head unit layar sentuh, speaker sebanyak enam titik, tombol pengatur audio di lingkar kemudi, digital AC control, power slot di baris pertama dan kedua, serta USB port di baris ketiga.

Soal fitur keselamatan, kedua mobil ini juga sudah dibekali dengan dual SRS Airbag di semua tipe serta varian (Avanza dan Veloz). Sabuk dengan pretensioner, ABS, ISOFIX dan sabuk pengaman tiga titik di baris kedua jadi standar yang sama di semua lini.

-Harga

Toyota Avanza
* 1.3 E STD M/T - Rp 197.7 juta
* 1.3 E STD A/T -Rp 208.9 juta
* 1.3 E M/T - Rp 200.2 juta
* 1.3 E A/T - Rp 211.4 juta
* 1.3 G M/T - Rp 218 juta
* 1.3 G A/T - Rp 228.75 juta
* 1.5 G M/T - Rp 230.35 juta

Veloz
* 1.3 M/T - Rp 224.75 juta
* 1.3 A/T - Rp 236.55 juta
* 1.5 M/T - Rp 236.75 juta
* 1.5 A/T - Rp 248.55 juta

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/31/180100915/serupa-tapi-tak-sama-ini-perbedaan-toyota-avanza-dan-veloz

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke