Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Di Mana Letak Smoking Area pada Bus Tingkat?

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus antar kota antar provinsi (AKAP) merupakan transportasi darat yang masih menyediakan ruang bagi perokok atau smoking area. Karena untuk transportasi lain seperti kereta, sudah tidak memberikan fasilitas tersebut.

Biasanya, smoking area pada bus tersedia di bagian belakang bus, dibuat sekat tersendiri yang mencegah asap mengganggu penumpang lain. Ada juga yang di bagian depan, bersama pengemudi dan kru.

Biasanya kalau smoking area yang ada di depan, sudah ada sekat pemisah antara bagian pengemudi dan penumpang. Perkembangan model bus saat ini juga semakin beragam, misalnya dengan adanya bus tingkat atau double decker.

Beberapa perusahaan otobus (PO) yang memiliki armada bus tingkat juga memberikan fasilitas smoking room, seperti PO Harapan Jaya dan PO Safari Dharma Raya. Lalu di mana letak smoking room pada bus tingkat? Apakah di dek atas atau bawah?

Sales Staff karoseri Tentrem, Dimas Raditya mengatakan, pada bodi Avante D2 buatan karoseri Tentrem, posisi smoking area berada di dek atas, tepatnya pada sisi kiri belakang.

“Kalau bus tingkat buatan Tentrem, posisi smoking area ada di dek atas bagian belakang sisi kiri. Kemudian disediakan kursi untuk penumpangnya,” kata Dimas kepada Kompas.com, Selasa (25/8/2020).

Dimas menambahkan, perihal penempatan posisi smoking area di bus bisa disesuaikan berdasarkan pesanan. Jadi pemesan bodi bisa meminta di mana akan menaruh smoking areanya.

Misalnya bodi bus tingkat buatan Morodadi Prima yang dimiliki oleh PO Safari Dharma Raya, posisi smoking areanya berada di dek bawah. Lebih tepatnya pada bagian belakang kursi penumpang, dekat dengan tangga dan toilet.

Kemudian, smoking room milik PO Safari Dharma Raya juga tidak menyediakan kursi, melainkan berupa besi untuk bersandar. Pemesan juga bisa memilih mau seperti apa model smoking room yang akan dibuat.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/25/182100415/di-mana-letak-smoking-area-pada-bus-tingkat-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke